Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas V SD Negeri Meka Praya Tengah Lombok Tengah

Syarifudin, Syarifudin (2010) Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas V SD Negeri Meka Praya Tengah Lombok Tengah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-syarifuddin-08712251013.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan meningkatkan hal sebagai berikut. (1) Mengetahui aktivitas siswa (2) mengetahui aktivitas guru, dan (3) meningkatkan kemampuan menulis siswa melalui pembelajaran bahasa Indonesia berbasis lingkungan pada siswa kelas V SD Negeri Meka Praya Tengah Lombok Tengah. Penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus, setiap siklus terdiri atas tiga kali pertemuan. Rancangan penelitian menggunakan model spiral menurut Kemmis dan Mc Taggart. Kolaborator utama yakni guru kelas sebagai pengajar. Kegiatan observasi peneliti dibantu tiga orang pengamat. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan evaluasi hasil tulisan siswa berbentuk karangan. Data dianailisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis lingkungan meningkatkan aktivitas siswa, siklus I aktivitas siswa kategori cukup aktif dengan rata-rata skor yaitu 2,4 siklus II aktivitas siswa kategori aktif dengan rata-rata skor yaitu 2,7 siklus III aktivitas siswa kategori aktif dengan rata-rata skor yaitu 3,1. (2) Aktivitas guru siklus I kategori cukup baik dengan rata-rata skor yaitu 2,39, siklus II aktivitas guru kategori baik dengan rata-rata skor yaitu 3,00, dan siklus III aktivitas guru kategori sangat baik dengan rata-rata skor yaitu 3,67. (3) Penerapan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis lingkungan meningkatkan kemampuan menulis karangan. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa dari siklus I, yaitu 59,94, siklus II yaitu 71,99 dan siklus III yaitu 75,24 dan persentase ketuntasan klasikal belajar siswa meningkat dari siklus I yaitu 72,73%, siklus II yaitu 84,85% dan siklus III yaitu 91,94%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran bahasa Indonesia, kemampuan menulis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 23 Dec 2016 06:28
Last Modified: 29 Jan 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44960

Actions (login required)

View Item View Item