Identifikasi Kelemahan dan Tantangan Pada Implementasi Pembelajaran IPA Terpadu di Madrasah Ibtidaiyah Serta Usulan Solusinya

Sahari, Sutrisno (2010) Identifikasi Kelemahan dan Tantangan Pada Implementasi Pembelajaran IPA Terpadu di Madrasah Ibtidaiyah Serta Usulan Solusinya. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sutrisno-sahari-07712259015.swf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui kesiapan guru dan sekolah MIM 1 Pare Kediri dalam menindaklanjuti pelaksanaan pembelajaran IPA terpadu; 2) untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran IPA terpadu di MIM 1 Pare Kediri; 3) untuk mengetahui kelemahan dan tantangan pembelajaran IPA terpadu serta usulan solusinya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada MI Muhammadiyah 1 Pare Kediri berkaitan dengan identifikasi kelemahan dan tantangan pada implementasi pembelajaran IPA Terpadu di Madrasah Ibtidaiyah serta usulan solusinya. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakasek bidang kurikulum, guru dan murid. Data diperoleh lewat observasi, wawancara, dan dokumen. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan teknik analisis data Miles and Huberman: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Pada pelaksanaan pembelajaran IPA terpadu di MIM I Pare dapat kita lihat hasilnya adalah; 1) kesiapan guru dan sekolah kurang hal tersebut terlihat dari kurang pahamnya guru dan sekolah tentang pembelajaran IPA terpadu; 2) pelaksanaan pembelajaran IPA terpadu di MIM 1 Pare Kediri kurang memenuhi prinsip IPA terpadu hal ini terlihat dari pembelajaran yang hanya mengacu pada buku ajar saja; 3) kelemahan dan tantangan pembelajaran IPA adalah peningkatan kualifikasi guru pengajar IPA serta mengikut sertakan guru-guru IPA dalam penataran dan pelatihan IPA terpadu serta memperbanyak referensi IPA terpadu.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kelemahan, tangtangan, pembelajaran IPA terpadu
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 21 Dec 2016 01:51
Last Modified: 29 Jan 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44947

Actions (login required)

View Item View Item