Sunaryo, Sunaryo (2010) Manajemen Pengembangan Budaya Membaca Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bantul Tahun Pelajaran 2006/2007. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-sunaryo-027325023.swf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang peningkatan budaya membaca siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bantul tahun pelajaran 2006/2007 dengan diberlakukan manajemen pengembangan budaya membaca siswa. Subjek penelitian seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bantul berjumlah 214 siswa. Sampel penelitian diambil secara acak memakai teknik bola salju. Penelitian dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan institusional yang mengacu model penelitian tindakan Kemmis & Taggart. Penelitian tindakan institusional melalui tiga siklus tindakan. Pada setiap siklus dilakukan tindakan manajemen pengembangan budaya membaca siswa, pengembangan budaya membaca siswa dilakukan dengan menggunakan komunikasi dan optimalisasi layanan perpustakaan. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dari data-data hasil wawancara dengan siswa, hasil wawancara dengan guru, serta hasil pengamatan tindakan. Manajemen pengembangan budaya membaca siswa telah meningkatkan budaya membaca siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bantul. Peningkatan itu ditunjukkan dengan meningkatnya rata-rata kunjungan siswa ke perpustakaan sekolah, meningkatnya jumlah siswa yang mencapai pemahaman 75% pada tes utama membaca, meningkatnya jumlah guru yang memberi tugas membaca, dan meningkatnya layanan pustakawan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemen, budaya membaca |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 29 Nov 2016 03:12 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 08:58 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44022 |
Actions (login required)
View Item |