Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Budya Wacana Yogyakarta.

Arinta, Leny (2016) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Budya Wacana Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-leny-arinta-14712251001.swf

Download (1MB)

Abstract

multimedia pembelajaran interaktif yang layak digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V Sd Budya Wacana Yogyakarta. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Desain pengembangan meliputi sembilan langkah, yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba awal, (5) revisi produk awal, (6) uji coba lapangan, (7) revisi produk hasil uji coba lapangan, (8) uji coba lapangan operasional, (9) dan revisi produk akhir. Subjek uji coba awal adalah tiga siswa dan satu guru kelas VA. Sebjek uji coba lapangan adalah sembilan siswa dan satu guru kelas VA. 19 siswa sebagai subjek dan satu guru kelas VB sebagai kelas eksperimen dan 19 siswa dan satu guru kelas VC sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan menggunakan pedoman wawancara, lembar penilaian produk, skala motivasi belajar, tes hasil belajar kognitif, skala respon guru, dan skala respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) multimedia pembelajaran interaktif matematika layak digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Kelayakan multimedia pembelajaran interaktif dapat dilihat dari hasil penilaian ahli materi dan ahli media yang masuk kategori “baik”. Respon guru dan respon siswa terhadap penggunaan multimedia pembelajaran interaktif dalam kegiatan pembelajaran terkategori “sangat baik”. (2) Multimedia pembelajaran interaktif efektif meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SD Budya Wacana Yogyakarta. Keefektifan dapat dilihat dari rata-rata skor motivasi dan nilai hasil belajar pada kelas eksperimen lebih tiggi daripada kelas kontrol. Selain itu, dapat dilihat juga dari perbedaan signifikan skor motivasi belajar dan nilai hasil belajar antara hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan multimedia pembelajaran interaktif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia pembelajaran interaktif, motivasi, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Nov 2016 02:44
Last Modified: 09 May 2019 07:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43976

Actions (login required)

View Item View Item