ANALISIS KUALITAS SOAL UJIAN KIMIA AKHIR SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2015/2016 KELAS XI IPA SMA SE-PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Nuryadi, - (2016) ANALISIS KUALITAS SOAL UJIAN KIMIA AKHIR SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2015/2016 KELAS XI IPA SMA SE-PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas soal ujian kimia akhir semester gasal tahun pelajaran 2015/2016 kelas XI IPA SMA se-Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ditinjau dari perbandingan tingkat kognitif, kesesuaian materi dengan Kurikulum 2013, kesalahan faktual, salah konsep, dan salah konstruksi. Penelitian ini didesain sebagai penelitian satu sampel yang dikenakan pada butir soal ujian kimia akhir semester gasal tahun pelajaran 2015/2016 kelas XI IPA SMA se-Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang menerapkan Kurikulum 2013 dan menyusun soal secara mandiri yaitu 471 butir soal. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Butir soal dianalisis dengan menggunakan lima lembar pengumpulan data berupa tabel yang meliputi perbandingan tingkat kognitif, kesesuaian materi dengan Kurikulum 2013, kesalahan faktual, salah konsep, dan salah konstruksi. Hasil penelitian menunjukkan perbandingan tingkat kognitif C1 : C2 : C3 : C4,5,6 berturut-turut sebesar 12,22% : 28,00% : 32,08% : 27,70%. Terdapat materi yang diujikan pada soal ujian kimia akhir semester gasal kelas XI IPA SMA yang tidak sesuai dengan Kurikulum 2013, yaitu materi Stoikiometeri. Persentase butir soal yang mengalami kesalahan faktual sebesar 41,61%. Kesalahan faktual yang ditemukan pada penelitian ini yaitu kesalahan pada pengetahuan terminologi. Persentase soal yang mengalami salah konsep pada penelitian ini sebesar 10,22%. Salah konsep yang ditemukan pada penelitian ini terjadi pada pengetahuan prinsip dan generalisasi. Persentase soal yang mengalami salah konstruksi pada soal ujian kimia akhir semester gasal tahun pelajaran 2015/2016 kelas XI IPA SMA sebesar 57,73% untuk soal pilihan ganda dan 76,52% untuk soal uraian. Kesalahan konstruksi yang paling banyak ditemukan adalah kesalahan penggunaan tata tulis.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 21 Oct 2016 04:02
Last Modified: 30 Jan 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42599

Actions (login required)

View Item View Item