Pengembangan Media Video Animasi pada Materi “Masa Penjajahan Belanda” untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Semangat Kebangsaan Siswa Kelas V Sekolah Dasar Se-Kecamatan Piyungan Bantul.

Risabethe, Abiy (2016) Pengembangan Media Video Animasi pada Materi “Masa Penjajahan Belanda” untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Semangat Kebangsaan Siswa Kelas V Sekolah Dasar Se-Kecamatan Piyungan Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-abiy-risabethe-14712259016.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan media pembelajaran dan (2) mengungkapkan keefektivan media pembelajaran yang dihasilkan untuk meningkatkan motivasi belajar dan karakter semangat kebangsaan siswa kelas V sekolah dasar se-Kecamatan Piyungan, Bantul. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan mengacu pada langkah yang dikembangkan oleh Borg and Gall yang meliputi sembilan langkah, yaitu: (1) pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) ujicoba lapangan awal, (5) revisi produk awal, (6) ujicoba lapangan utama, (7) revisi produk, (8) ujicoba lapangan operasional, dan (9) revisi produk akhir. Subjek ujicoba lapangan awal adalah tiga siswa dan seorang guru di SD Jombor. Subjek ujicoba lapangan utama adalah sembilan siswa dan seorang guru di SD Jombor. Subjek ujicoba lapangan operasional yaitu 22 siswa dan seorang guru dari SD 1 Cepokojajar sebagai kelas kontrol dan 32 siswa dan seorang guru dari SD Bintaran sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan menggunakan pedoman wawancara kepada guru dan siswa, lembar penilaian produk, pedoman observasi aktivitas belajar siswa, skala mengukur motivasi belajar, skala karakter semangat kebangsaan, dan pedoman observasi karakter semangat kebangsaan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Media video animasi layak digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar dan karakter semangat kebangsaan. Kelayakan media video animasi dapat dilihat dari hasil penilaian ahli materi dan ahli media dengan kategori “baik”. Tanggapan guru dan siswa terhadap penggunaan media video animasi menunjukkan bahwa video animasi membantu dalam memahami materi “Masa Penjajahan Belanda”. (2) Media video animasi yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan karakter semangat kebangsaan siswa kelas V sekolah dasar se-Kecamatan Piyungan. Keefektivan tersebut dapat dilihat dari skor rata-rata motivasi belajar dan karakter semangat kebangsaan kelas eksperimen lebih tinggi daripada skor rata-rata kelas kontrol, dan dari perbedaan signifikansi skor motivasi belajar dan karakter semangat kebangsaan antara sebelum dan sesudah menggunakan media video animasi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media video animasi, motivasi belajar, karakter semangat kebangsaan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Oct 2016 01:15
Last Modified: 09 May 2019 07:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42235

Actions (login required)

View Item View Item