PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TOPIK UNSUR-UNSUR GAS MULIA BERBASIS WEBSITE SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI KIMIA SISWA SMA/MA KELAS XII

Kurniati, Sukmayani Citra (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TOPIK UNSUR-UNSUR GAS MULIA BERBASIS WEBSITE SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI KIMIA SISWA SMA/MA KELAS XII. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img] Text
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TOPIK UNSUR.docx

Download (10kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) mengembangkan media pembelajaran topik unsur-unsur gas mulia berbasis website sebagai sumber belajar mandiri kimia siswa SMA/MA kelas XII. 2) mengetahui kualitas media pembelajaran yang telah dibuat berdasarkan penilaian lima orang guru kimia SMA/MA. Prosedur pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan Borg and Gall yang terdiri atas pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba lapangan, revisi hasil uji coba dan penyempurnaan produk akhir. Produk yang dihasilkan dinilai oleh lima orang guru kimia SMA di Kabupaten Kulonprogo. Penilaian dilakukan dengan angket yang berisi 5 aspek dan 18 kriteria. Data ditabulasi dan dianalisis untuk mengetahui kualitas media pembelajaran yang telah dibuat. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran topik unsur-unsur gas mulia berbasis website dan kualitasnya. Berdasarkan hasil penelitian, kualitas media pembelajaran memperoleh skor rata-rata sebesar 72,6 (66,20 < X ≤ 80,60), sehingga dikategorikan Baik (B). Dengan demikian media pembelajaran topik unsur-unsur gas mulia berbasis website dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri kimia siswa SMA kelas XII.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 28 Sep 2016 07:36
Last Modified: 30 Jan 2019 11:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41819

Actions (login required)

View Item View Item