Evaluasi Proses Pembelajaran Sekolah Dasar pada Program BERMUTU (Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading) di Kabupaten Jepara

Setyaningsih, Dina (2011) Evaluasi Proses Pembelajaran Sekolah Dasar pada Program BERMUTU (Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading) di Kabupaten Jepara. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dina-setyaningsih-08701251004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang: (1) mengevaluasi pelaksanaan kegiatan program BERMUTU (Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading) di Kabupaten Jepara, (2) mengevaluasi pelaksanaan proses pembelajaran oleh guru setelah mengikuti kegiatan program BERMUTU, dan (3) mengevaluasi pencapaian pembelajaran setelah adanya program BERMUTU. Jenis penelitian ini merupakan penelitian evaluasi program dengan model pendekatan Stake yang dikembangkan oleh Stake. Subjek penelitian adalah guru yang tergabung dalam kegiatan program BERMUTU di 9 sekolah yang tersebar di tiga wilayah/rayon di Kabupaten Jepara dan sebagian siswa sekolah yang menjadi sampel penelitian. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified cluster random sampling (sampel berdasarkan kelompok). Pengambilan Sampel penelitian dilakukan melalui 2 tahapan: tahap pertama menentukan sampel gugus KKG (Kelompok Kerja Guru) tempat kegiatan program BERMUTU berdasarkan kelompok wilayah/rayon menjadi tiga, yaitu rayon Utara, rayon Tengah, dan rayon Selatan; tahap kedua menentukan sampel sekolah berdasarkan strata pada masing-masing wilayah/rayon menjadi tiga strata, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket, wawancara, dan pengumpulan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) evaluasi antecendent sebagai input dalam penelitian evaluasi ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan program BERMUTU dikategorikan baik berdasarkan persentase keterlaksanaan kegiatan program BERMUTU 96,5% pada kategori tinggi, (2) evaluasi transactions sebagai proses dalam penelitian evaluasi ini menunjukkan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran oleh guru dikategorikan baik berdasarkan persentase persepsi guru 82,2% pada kategori tinggi dan persentase persepsi siswa 85,3% pada kategori tinggi, dan (3) evaluasi ouput sebagai hasil dalam penelitian evaluasi ini menunjukkan bahwa pencapaian pembelajaran setelah adanya kegiatan program BERMUTU dikategorikan baik berdasarkan rata-rata nilai UASBN 24 dari maksimum 30.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi proses, pembelajaran Sekolah Dasar, program BERMUTU
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2016 11:49
Last Modified: 03 Aug 2022 08:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41339

Actions (login required)

View Item View Item