EFEKTIVITAS BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESIF NON VERBAL ANAK TUNARUNGU TOTAL KELAS TKLB DI SLB N 2 BANTUL

Anis, Denista Prahasti (2016) EFEKTIVITAS BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESIF NON VERBAL ANAK TUNARUNGU TOTAL KELAS TKLB DI SLB N 2 BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ANIS DENISTA PRAHASTI_12103241028.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode bermain peran (role playing) untuk mengurangi perilaku agresif non verbal anak tunarungu total kelas TKLB di SLB N 2 Bantul. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan adalah A-B-A’. Subjek penelitian seorang anak tunarungu total kelas TKLB yang memiliki perilaku agresif non verbal. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik polygon. Komponen-komponen yang dianalisis meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan frekuensi perilaku agresif aspek non verbal khususnya perilaku memukul pada subjek. Frekuensi target behavior yang dimunculkan subjek pada kondisi baseline (A-1) terdapat lima sesi dengan frekuensi 6, 4, 11. 8, dan 9. Pada saat intervensi (B) terdapat sepuluh sesi dengan frekuensi 14, 24, 8, 6, 7, 3, 1, 0, 0, dan 0. Sedangkan pada saat baseline-2 (A-2) terdapat lima sesi dengan frekuensi 0 semua. Berdasarkan data yang diperoleh, penggunaan metode bermain peran (role playing) efektif untuk mengurangi perilaku agresif non verbal yang ditunjukkan dengan menurunnya frekuensi perilaku memukul pada intervensi dan baseline-2 serta didukung tingkat overlap yang rendah. Pada hasil analisis antarkondisi baseline-I dengan intervensi presentase overlap sebesar 30 % dan menurun pada analisis antarkondisi intervensi dengan baseline-II yaitu 0%. Secara keseluruhan penerapan metode bermain peran (role playing) berpengaruh positif dan efektif digunakan untuk mengurangi perilaku agresif non verbal anak tunarungu total kelas TKLB di SLB N 2 Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 29 Aug 2016 01:47
Last Modified: 30 Jan 2019 10:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40710

Actions (login required)

View Item View Item