STUDI KASUS TENTANG DAMPAK KEMUDAHAN AKSES INTERNET PADA SMARTPHONE TERHADAP PENYIMPANGAN PERILAKU SEKSUAL PADA REMAJA TUNAGRAHITA DI SLB N TEMANGGUNG

Analisa, - (2016) STUDI KASUS TENTANG DAMPAK KEMUDAHAN AKSES INTERNET PADA SMARTPHONE TERHADAP PENYIMPANGAN PERILAKU SEKSUAL PADA REMAJA TUNAGRAHITA DI SLB N TEMANGGUNG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ANALISA_12103244009.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi yang mendalam, dan pengetahuan yang akurat tentang dampak kemudahan akses internet pada smartphone terhadap bentuk-bentuk penyimpangan perilaku seksual. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kontrol yang diberikan guru dan orang tua terhadap penggunaan akses internet pada smartphone bagi remaja tunagrahita. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif jenis studi kasus. Subjek pada penelitian ini adalah siswi remaja tunagrahita yang berusia 18 tahun di SLB N Temanggung. Informan pada penelitian ini terdiri dari guru kelas subjek dan orang tua subjek. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi dan wawancara. Data dianalisis secara kualitatif yang terdiri dari mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan. Pemeriksaan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa subjek mempunyai bentuk-bentuk penyimpangan perilaku seksual dampak dari kemudahan akses internet seperti menonton dan menirukan perbuatan yang mengarah pada pornografi yang terdapat pada gambar atau video yang diakses melalui internet. Perilaku yang muncul diantaranya adalah mencium pipi, mencium bibir, dan meraba dada. Adapun kontrol yang sudah diberikan guru dan orang tua kepada subjek masih berpusat pada diberlakukannya tata tertib penggunaan smartphone saja, seperti pengecekkan rutin dan tata tertib waktu penggunaan smartphone. Sedangkan, pengontrolan terkait penggunaan smartphone seperti pembatasan akses internet yang wajar dan sesuai kebutuhan subjek belum dilakukan oleh orang tua dan guru. Selain itu, tindakan guru dan orang tua untuk meminimalisir dan mencegah penyimpangan perilaku seksual pada subjek salah satunya dengan memberikan pendidikan seksual. Pendidikan seksual yang diberikan kepada subjek diharapkan mampu mengurangi dan mencegah penyimpanganpeyimpangan perilaku seksual karena ketidak-tahuannya mengenai masalah seksual.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 25 Aug 2016 07:17
Last Modified: 30 Jan 2019 10:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40673

Actions (login required)

View Item View Item