PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT MENGGUNAKAN METODE SNOWBALL THROWING PADA SISWA AUTIS KELAS III DI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA YOGYAKARTA

Riska, Mei Ningsih (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT MENGGUNAKAN METODE SNOWBALL THROWING PADA SISWA AUTIS KELAS III DI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RISKA MEI NINGSIH_11103244046.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode snowball throwing untuk meningkatkan kemampuan menyusun kalimat pada siswa autis kelas III. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyusun kalimat menggunakan metode snowball throwing pada siswa autis kelas III SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek adalah siswa autis kelas III SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta yang berjumlah 1 siswa dengan jenis kelamin laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Proses pembelajaran dimulai dengan guru menjelaskan materi menyusun kalimat. Siswa diminta untuk menulis kata kemudian siswa diminta untuk membuat lingkaran dan saling melempar-tangkap kertas tersebut. Untuk melihat hasil kemampuan menyusun kalimat, siswa diminta membuat kalimat dengan kata yang terdapat dalam kertas tersebut dan siswa diminta untuk mengerjakan soal yang disediakan sesuai dengan materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menyusun kalimat pada siswa autis kelas III SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta dari kondisi pra tindakan, siklus 1, dan siklus 2. Peningkatan terlihat dari kemampuan awal subjek SS yang mendapat nilai 40, setelah diberikan tindakan pada siklus 1 menunjukkan peningkatan pada subyek SS sebesar 35% dengan nilai 75 dan siklus 2 meningkat sebesar 20% dengan nilai 95. Hasil tindakan siklus 2 menunjukkan bahwa hasil pencapaian nilai subjek meningkat dan dapat jauh melampaui nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan sebesar 75 sehingga tindakan dihentikan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 25 Aug 2016 06:27
Last Modified: 30 Jan 2019 10:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40660

Actions (login required)

View Item View Item