PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE SAS (STRUKTUR ANALITIK SINTETIK) BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA DI SD N BANGUNREJO 2 YOGYAKARTA

Noeranie Misyriana, Hadhiyanti T. AG (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE SAS (STRUKTUR ANALITIK SINTETIK) BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA DI SD N BANGUNREJO 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NOERANIE MISYRIANA HADHIYANTI TAG_11103244036.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui metode SAS (Struktur Analitik Sintetik) bagi anak berkesulitan membaca di SD N Bangunrejo 2 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah seorang anak berkesulitan belajar membaca permulaan. Penelitian dilakukan dalam dua siklus tindakan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumen. Sedangkan instrument yang digunakan meliputi instrument tes kemampuan belajar membaca permulaan, pedoman observasi, dan panduan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis dengan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan metode SAS (Struktur Analitik Sintetik) dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak berkesulitan belajar membaca. Peningkatan kemampuan membaca permulaan pada pasca tindakan I peningkatan sebesar 6,6% dengan nilai awal 56,7 menjadi 63,3. Sedangkan peningkatan kemampuan membaca permulaan pada pasca tindakan II peningkatan sebesar 19,97% dengan nilai awal 56,7 menjadi 76,67. Peningkatan terjadi dikarenakan saat mengikuti kegiatan pembelajaran anak ikut berpatisipasi dan aktif dalam kegiatan pembelajaran membaca dengan metode SAS (Struktur Analitik Sintetik) ditunjukkan dengan anak menyelesaikan tugas berupa membaca teks dan mencongak kalimat yang didengarnya dengan menuliskan kembali kata dan kalimat. Hal tersebut didukung dengan kinerja guru dalam pengajaran sangat baik yang ditunjukan dengan kemampuan guru saat menangani dan menerapkan metode pada saat tindakan sangat baik dan sesuai instruksi dalam perencanaan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 25 Aug 2016 03:53
Last Modified: 30 Jan 2019 10:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40644

Actions (login required)

View Item View Item