LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL-UNY) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

IRFAN NURHIDAYAT, IRFAN NURHIDAYAT (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL-UNY) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL_11501241003_Irfan Nur Hidayat_PT Elektro.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1, yang pelaksanaanya dilaksanakan di sekolah. Kegiatan PPL ini bertujuan memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan administrasi manajerial di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga baik yang terkait dengan proses pembelajaran maupun kegiatan administrasi manajerial kelembagaan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini memiliki misi yaitu sebagai wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang professional, maka pelaksanaan PPL ini akan sangat membantu mahasiswa dalam memasuki realita dunia kependidikan dan sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang diperolehnya selama mengikuti perkuliahan. Salah satu tempat yang menjadi lokasi PPL UNY 2014 adalah SMK Muhammadiyah 1 Bantul yang beralamat di Jl. Parangtritis Km. 12. Manding , Trirenggo, Bantul. Kegiatan PPL ini dilaksanakan mulai 2 Juli 2014 sampai 13 September 2014. Ada dua kegiatan yang dilaksanakan yaitu, pertama kegiatan praktik mengajar yang dimulai dengan pengajaran mikro, bimbingan dengan guru pembimbing, observasi kelas, pembekalan, pembuatan persiapan mengajar sampai pada tahap pelaksanaan yang meliputi praktik mengajar terbimbing, praktik mengajar mandiri, evaluasi dan penilaian. Dari kegiatan PPL ini mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman yang belum pernah diperoleh di perkuliahan, terutama pengalaman mengajar di kelas, baik itu kelas teori maupun kelas praktik serta pengalaman tentang bagaimana mengisi administrasi pembelajaran dari sebuah lembaga pendidikan seperti SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan tersebut tidak pernah terlepas dari hambatanhambatan. Akan tetapi dengan adanya semangat dan kerjasama yang baik maka segala hambatan dapat teratasi dengan mudah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 Aug 2016 03:46
Last Modified: 01 Oct 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40464

Actions (login required)

View Item View Item