Perbandingan antara Pendekatan Open Ended dan Problem Posing dalam Pembelajaran Matematika Materi Pokok Geometri terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Motivasi Belajar Siswa SMA/MA NW Narmada

Endriyana, Neny (2011) Perbandingan antara Pendekatan Open Ended dan Problem Posing dalam Pembelajaran Matematika Materi Pokok Geometri terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Motivasi Belajar Siswa SMA/MA NW Narmada. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-neny-endriana-09709251004.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan keefektifan pendekatan open-ended, problem posing, dan konvensional dalam pembelajaran matematika materi pokok geometri ditinjau dari ketuntasan belajar, kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar siswa SMA/MA NW Narmada; 2) menyelidiki perbandingan keefektifan pendekatan open-ended dan problem posing dengan konvensional dalam pembelajaran matematika materi pokok geometri ditinjau dari ketuntasan belajar, kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar matematika siswa SMA/MA NW Narmada; 3) menyelidiki perbandingan keefektifan pendekatan open-ended dengan problem posing dalam pembelajaran matematika materi pokok geometri ditinjau dari ketuntasan belajar, kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar matematika siswa SMA/MA NW Narmada. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan non equivalent group design menggunakan dua kelompok eksperimen yaitu kelompok eksperimen pertama diberikan perlakuan berupa pendekatan open ended dan kelompok eksperimen kedua diberikan perlakuan berupa pendekatan problem posing, dan satu kelompok kontrol diberikan perlakuan berupa pendekatan dalam pembelajaran konvensional. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas X SMA/MA NW Narmada. Dari populasi yang ada diambil dua sekolah secara purposif. Sekolah yang terpilih adalah MA NW Putra Narmada kelas XA dan XB yang dikenai perlakuan pertama dan kedua, serta SMA NW Narmada kelas XA yang dikenai perlakuan ketiga. Instrumen yang digunakan berupa tes ketercapaian KD, kemampuan berpikir kreatif dan angket motivasi belajar matematika siswa. Untuk mengetahui efektif tidaknya pendekatan open ended, problem posing, dan konvensional pada masing-masing variabel, data dianalisis dengan uji t one sample pada taraf signifikansi 5%. Kemudian untuk membandingkan keefektifan ketiga pendekatan tersebut terhadap masing-masing variabel, dianalisis secara multivariat (MANOVA) dengan Helmert Contrasts pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pendekatan open ended, problem posing, dan konvensional dalam pembelajaran matematika materi pokok geometri efektif ditinjau dari ketuntasan belajar, kemampuan berpikir kreatif, dan motivasi belajar siswa; 2) tidak terdapat perbedaan keefektifan yang signifikan antara pendekatan open ended dan problem posing dibandingkan dengan konvensional dalam pembelajaran matematika materi pokok geometri ditinjau dari ketuntasan belajar, kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar siswa; 3) tidak terdapat perbedaan keefektifan yang signifikan antara pendekatan open ended dan problem posing dalam pembelajaran matematika materi pokok geometri ditinjau dari ketuntasan belajar, kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan open-ended, pendekatan problem posing, kemampuan berpikir kreatif matematika, motivasi belajar siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2016 10:45
Last Modified: 29 Jan 2019 08:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40355

Actions (login required)

View Item View Item