Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN Priyan Kecamatan Bantul

Pamekas, Yugara (2011) Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN Priyan Kecamatan Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yugara-pamekas-09712251012.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh fakta hasil UAN untuk mata pelajaran matematika pada tiga tahun berturut-turut masih belum mencapai target yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran matematika realistik di sekolah dasar. Secara khusus, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III sekolah dasar dalam pembelajaran bilangan dan operasi-operasinya, khususnya pada topik pecahan di SD Negeri Priyan kecamatan Bantul. Penelitian adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) secara kolaboratif. Penelitian ini dilakasanakan di SD Negeri Priyan, Kecamatan Bantul. Subjek penelitian adalah guru dan 21 siswa kelas III. Tindakan kelas berlangsung dalam tiga siklus. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. Pertama, pendekatan realistik pada pembelajaran metematika dapat meningkatan prestasi matematika siswa kelas III SDN Priyan Bantul. Hal ini didukung oleh data yang diperoleh peneliti di lapangan. Data tentang prestasi belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 6,57 dengan ketuntasan belajar siswa sebanyak 11 siswa dari 21 siswa. Pada siklus II nilai rata-rata prestasi belajar siswa menjadi 6,95 dengan ketuntasan belajar sebanyak 18 siswa dari 21. Pada siklus III nilai rata-rata prestasi belajar siswa meningkat menjadi 7,47 dengan ketuntasan belajar siswa sebanyak 21 siswa dari 21 siswa. Kedua, pendekatan realistik pada pelajaran matematika dapat meningkatkan keterlibatan aktif siswa kelas III SDN Priyan Bantul. Data tentang keterlibatan akif siswa pada siklus I menunjukkan skor sebesar 24 masuk pada kategori cukup aktif. Pada siklus II meningkat menjadi 27 masuk pada kategori aktif. Pada siklus III mencapai 30,5 masuk pada kategori aktif. Dapat disimpulkan bahwa peningkatan terjadi dari satu siklus ke siklus selanjutnya baik dari segi prestasi maupun keterlibatan aktif siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: matematika realistik, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2016 03:59
Last Modified: 29 Jan 2019 08:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40205

Actions (login required)

View Item View Item