Hubungan Kesulitan Belajar Matematika dan Sikap Siswa terhadap Metamatika dengan Prestasi Belajar Matematika di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Program Khusus (MIM PK) Kenteng Nogosari Boyolali Tahun Pelajaran 2010/2011

Bisri, Moh. (2012) Hubungan Kesulitan Belajar Matematika dan Sikap Siswa terhadap Metamatika dengan Prestasi Belajar Matematika di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Program Khusus (MIM PK) Kenteng Nogosari Boyolali Tahun Pelajaran 2010/2011. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-moh-bisri-07712259020.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui 1) besarnya hubungan antara kesulitan belajar matematika dengan prestasi belajar matematika; 2) besarnya hubungan antara sikap siswa terhadap matematika dengan prestasi belajar matematika 3) besarnya hubungan antara kesulitan belajar matematika dan sikap siswa terhadap matematika dengan prestasi belajar matematika di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Program Khusus (MIM PK) Kenteng Nogosari Boyolali tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional, untuk mencari besarnya hubungan kesulitan belajar matematika dan sikap siswa terhadap matematika dengan prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III, IV dan V MIM PK yang berjumlah 116 siswa, sedangkan sampel yang digunakan adalah sampel total. Instrumen pengumpulan data digunakan angket dan tes. Uji coba dilakukan pada MIM Randulalas Pulutan Nogosari Boyolali. Validasi instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Persyaratan analisis digunakan Uji normalitas dan linieritas. Pengujian hipotesis digunakan rumus r-product moment, dan Korelasi Ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat hubungan negatif antara kesulitan belajar matematika dengan prestasi belajar matematika, baik pada siswa kelas III, IV maupun kelas V, walaupun besarnya hubungan untuk masing-masing kelas berbeda; 2) terdapat hubungan positif antara sikap siswa terhadap matematika dengan prestasi belajar matematika untuk kelas III, IV dan V, walaupun besarnya hubungan untuk masing kelas berbeda; 3) selanjutnya terdapat hubungan antara kesulitan belajar matematika dan sikap siswa terhadap matematika dengan prestasi belajar matematika, baik untuk kelas III, IV dan V, pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Program Khusus (MIM PK) Kenteng Nogosari Boyolali tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kesulitan belajar matematika, sikap siswa terhadap metamatika, prestasi belajar matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2016 03:03
Last Modified: 29 Jan 2019 08:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40201

Actions (login required)

View Item View Item