Analisis Isi Buku Sekolah Elektronik (BSE) Sains Kelas VI Sekolah Dasar

Nugroho, Ikhlasul Ardi (2011) Analisis Isi Buku Sekolah Elektronik (BSE) Sains Kelas VI Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
tesis-ikhlasul-ardi-nugroho-08712251003.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas kandungan proses kognitif, keterampilan proses sains, dan jenis pengetahuan dari Buku Sekolah Elektronik Sains Kelas VI Sekolah Dasar yang relevan dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian content analysis dengan subyek penelitian sebuah Buku Sekolah Elektronik Sains Kelas VI Sekolah Dasar yang ditulis oleh Yayat Ibayati, Sri Anggraeni, dan Lilis dan obyek penelitian isi buku (kandungan proses kognitif, keterampilan proses sains, dan jenis pengetahuan). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah rubrik yang terdiri dari tiga buah, yakni rubrik untuk kandungan proses kognitif, keterampilan proses sains, dan jenis pengetahuan. Data yang diperoleh melalui pengkodean dianalisis secara kualitatif. Buku dikatakan memenuhi kriteria secara sempurna jika buku mengandung seluruh isi yang dikriteriakan; dikatakan memenuhi dalam tingkat baik jika berada pada rentang  85% dan < 100%; dikatakan cukup jika berada pada rentang  60% dan < 85%; dikatakan kurang jika berada pada rentang  35% dan < 60%; dikatakan sangat kurang jika berada pada rentang  0% dan < 35%; dan sama sekali tidak memenuhi kriteria jika persentase pemenuhan kriteria 0%. Hasil penelitian menunjukkan, pertama, BSE Sains Kelas VI memenuhi proses kognitif yang dikandung dalam kurikulum dalam tingkat cukup (82,38 %); kedua, BSE Sains Kelas VI memenuhi keterampilan proses sains yang dikandung dalam kurikulum dalam tingkat kurang (57,40 %); dan ketiga, BSE Sains Kelas VI memenuhi jenis pengetahuan yang dikandung dalam kurikulum dalam tingkat baik (93,87 %). Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa buku yang telah lolos penilaian BSNP ini masih belum memenuhi proses kognitif, keterampilan proses sains, dan jenis pengetahuan yang terkandung dalam kurikulum secara sempurna. Buku juga masih mengandung berbagai materi yang tidak akurat yang menyebabkan tidak terpenuhinya kandungan jenis pengetahuan secara sempurna.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: analisis isi, Buku Sekolah Elektronik, sains
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2016 02:43
Last Modified: 24 Jan 2023 01:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40199

Actions (login required)

View Item View Item