Evaluasi Penyelenggaraan Program Percepatan Belajar di SD Al - Irsyad 02 Cilacap

Wihardaningsih, Sri Endah (2011) Evaluasi Penyelenggaraan Program Percepatan Belajar di SD Al - Irsyad 02 Cilacap. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sri-endah-wihardaningsih-05703259024.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengevaluasi penyelenggaraan program percepatan belajar di SD Al – Irsyad 02 Cilacap, mengetahui deskripsi empirik program percepatan belajar di SD Al Irsyad 02 Cilacap, mengetahui berapa jauh dampak atau kesenjangan yang terjadi pada peserta program percepatan belajar, dan untuk mengetahui hambatan dan permasalahan yang berhubungan dengan 1) terbentuknya karakteristik peserta program, 2) karakteristik guru yang mengajar program percepatan belajar, 3) pengelolaan sarana dan prasarana serta fasilitas proses pembelajaran percepatan belajar, dan 4) pengadaan dana dan unitcost. Obyek penelitian adalah program percepatan belajar di SD Al – Irsyad 02 Cilacap. Subyek penelitian siswa program percepatan belajar, guru peserta program, kepala sekolah SD Al – Irsyad 02 Cilacap, urusan sarana prasarana, dan urusan keuangan, orang tua murid, wali kelas. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi program dengan pendekatan kualitatif model evaluasi yang digunakan adalah evaluasi Discrepancy Model yang dikembangkan oleh Malcolm Provus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode: wawancara, observasi, analisis dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif model alur (Flow Model of Analysis), dari Milles dan Huberman, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Instrumen pengumpulan data adalah lembar validasi untuk ahli isi, (guru, stake holder) dan ahli materi. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: 1). Program percepatan belajar SD Al-Irsyad 02 Cilacap sudah terlaksana sejak tahun pelajaran 2006/2007, sesuai birokrasi yang ditentukan. Akan tetapi proses pelaksanaan tes psikologi kurang terbuka dan hasilnya masih belum terdekteksi secara mendetail. 2). Dampak program anak menjadi egois, kurang tumbuh kembang dalam kreatifitas belajar sehingga tidak berprestasi menonjol. Kematangan mental social siswa peserta program kurang, itu semua di sebabkan kelas yang khusus mengakibatkan siswa kurang berbaur dengan kelas regular. 3). Sistim pembelajaran pada program percepatan belajar masih sama dengan kelas regular dan guru kurang menguasai proses pembelajaran program percepatan belajar. 4). Sistim penghargaan terhadap guru program percepatan belajar masih sama dengan regular. 5). Sarana prasarana/ media dalam pembelajaran yang sudah cukup terpenuhi hanya sedikit kekurangan laboratorium bahasa kurang luas/ belum sesuai dengan banyaknya siswa.6). Dana masih disamakan dengan kelas regular dan pengelolaan unit cost sudah baik, hanya perlu perhatian pada pemenuhan kelengkapan kebutuhan prasarana bahasa, dan kesejahteraan guru program percepatan belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, program percepatan belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2016 01:13
Last Modified: 29 Jan 2019 08:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39992

Actions (login required)

View Item View Item