LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SEKOLAH DASAR NEGERI PERCOBAAN 3

NOVI SANGGRA PANGESTIKA, NOVI SANGGRA PANGESTIKA (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SEKOLAH DASAR NEGERI PERCOBAAN 3. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL_NOVI SANGGRA P.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan program yang disusun dalam rangka meningkatkan kualitas mahasiswa di bidang pendidikan di antaranya manajerial dan pembelajaran di sekolah, melatih dan mengembangkan kemampuan profesionalismenya, memberikan kesempatan untuk mengenal, belajar, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya. SD N Percobaan 3 ditunjuk sebagai salah satu mitra kerja PPL oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi tujuan PPL pada tahun 2014. Jumlah siswa di SD N Percobaan 3 ada 356 siswa yang terdiri atas siswa kelas 1 sampai kelas 6 yang masing-masing kelasnya terbagi menjadi kelas A dan B. Kelas 1 terdiri atas 64 siswa, kelas 2 terdapat 60 siswa, kelas 3 terdiri atas 57 siswa, kelas 4 terdiri atas 57 siswa, kelas 5 terdiri atas 54 siswa dan kelas 6 terdiri atas 64 siswa. Pihak UNY telah menempatkan 13 mahasiswa yang terdiri atas 10 mahasiswa PGSD dan 3 mahasiswa PGSD Penjas untuk melakukan PPL di SD N Percobaan 3. Metode yang digunakan untuk menulis laporan ini antara lain melalui observasi, pengajaran mikro dan PPL. Observasi dilakukan dengan mengamati proses pembelajaran di SD sekitar 1 minggu. Data yang telah diperoleh kemudian dipergunakan oleh mahasiswa sebagai bekal dalam melakukan pembelajaran mikro di Kampus III FIP UNY dengan bimbingan dosen. Pembelajaran mikro telah dilakukan selama 10 kali pertemuan dan dibekali masukan-masukan penting tentang pembelajaran dari dosen. Metode yang digunakan selanjutnya yakni Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilakukan di SD N Percobaan 3 mulai tanggal 2 Juli sampai 17 September 2014. Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dalam pelaksanaannya meliputi praktik mengajar terbimbing, praktik mengajar mandiri dan ujian. Praktik mengajar terbimbing dilakukan sebanyak 8 kali. Dimulai dari tanggal 20 Agustus 2014 sampai dengan 1 September 2014. Selama praktik mengajar terbimbing, mahasiswa mendapat umpan balik dari guru pembimbing yang bertujuan untuk memberikan masukan dalam rangka peningkatan kualitas mahasiswa dalam membuat rencana pembelajaran maupun dalam proses kegiatan belajar-mengajar serta kemampuan dalam hal pengelolaan kelas. Praktik mengajar mandiri dilakukan sebanyak 2 kali. Dilaksanakan pada tanggal 2 September 2014. Guru kelas sudah tidak menunggu atau memberikan bimbingan langsung saat mahasiswa mengajar di kelas. Ujian praktik mengajar dilakukan sebanyak 2 kali yaitu dikelas tinggi dan kelas rendah. Dilaksanakan pada tanggal 10 dan 11 September 2014. Ujian praktik merupakan proses akhir dari program PPL di SD Percobaan 3. Secara keseluruhan program PPL di SD Percobaan 3 berjalan dengan baik dan lancar. Meskipun demikian terdapat beberapa kendala yang dihadapi, namun adanya kerjasama yang kuat antar mahasiswa PPL dapat mengatasi permasalahan yang ada. Selain itu, bimbingan dan arahan dari berbagai para guru dan dukungan dari sekolah terutama para siswa tentu sangat membantu kelancaran pelaksanaan program PPL di sekolah tersebut.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: pelaksanaan PPL mahasiswa PGSD dan PGSD Penjas di SD N Percobaan 3
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Aug 2016 03:28
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39712

Actions (login required)

View Item View Item