Penerapan Proses Pembelajaran IPA oleh Guru-Guru Peserta Pelatihan Program SEQIP Pada Sekolah Dasar di Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta

Ngadina, Ngadina (2011) Penerapan Proses Pembelajaran IPA oleh Guru-Guru Peserta Pelatihan Program SEQIP Pada Sekolah Dasar di Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ngadina-09703254016.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kesesuaian perencanaan pembelajaran guru dengan program SEQIP, (2) mengetahui kesesuaian pelaksanaan proses pembelajaran yang dilakukan guru dengan program SEQIP pada sekolah dasar di Unit Pelaksana Teknis TK dan SD Kecamatan Wonosari Gunungkidul. Subjek penelitian adalah guru IPA sekolah dasar sebanyak 96 orang yang sudah mengikuti pelatihan sebagai guru IPA SEQIP tahun 2006 di Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Teknis pengumpulan data penelitian ini adalah kajian dokumen dan angket yang dikembangkan dari kisi-kisi. Validitas isi dan reliabilitas koefisien konsistensi internal dengan teknik ujicoba pada populasi yang setara menggunakan rumus Alpha Cronbach Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif kuantitatif untuk mendeskripsikan karakteristik distribusi skor penelitian. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) kesesuaian perencanaan pembelajaran yang dilakukan guru sudah sesuai dengan model SEQIP. Perencanaan yang dibuat guru menunjukkan lebihdari78% menunjukkan kategori tinggi.Dengan masing- masing sub variable sebagai berikut:tingkat kesesuaian standar kompetensi mencapai 97,01% dalam kategori sangat tinggi, tingkat kesesuaian proses dan hasil pembelajaran 83,33% kategori sangat tinggi, tingkat kesesuaian kegiatan awal 72,66% kategori tinggi, tingkat kesesuaian kegiatan inti 76,04% kategori sangat tinggi, tingkat kesesuaian kegiatan penutup 71,22% kategori cukup tinggi, tingkat kesesuaian kegiatan pemantapan 71,15 kategori tinggi(2) pelaksanaan pembelajaran menunjukkan 75.98% dan terkategorisasi tinggi, dengan masing-masing sub variabel sebagai berikut:tingkat kesesuaian kegiatan awal 79,03% kategori sangat tinggi, tingkat kesesuaian kegiatan inti 75,45% kategori tinggi, tingkat kesesuaian penggunaan papan tulis 69,92% kategori tinggi, tingkat kesesuaian penggunaan KIT Guru/dan KIT Murid 71,14% kategori tinggi, tingkat kesesuaian penggunaan alat bantú pembelajaran 69,34% kategor itinggi, tingkat kesesuaian interaksi selama pembelajaran 78,58% kategori sangat tinggi, tingkat kesesuaian penggunaan metode pembelajaran 77,14% kategori sangat tinggi, tingkat kesesuaian pengetahuan IPA Guru 77,60% kategori sangat tinggi, tingkat kesesuaian tingkah laku guru 78,73% kategori sangat tinggi, tingkat kesesuaian kegiatan akhir 79.30% kategori sangat tinggi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran IPA, SEQIP
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2016 08:54
Last Modified: 29 Jan 2019 08:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39572

Actions (login required)

View Item View Item