KINERJA TIM PPID PEMERINTAH KABUPATEN KULON PROGO DALAM PENGELOLAAN DAN PENYELENGGARAAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK

Hakim, Abdur Rohman (2016) KINERJA TIM PPID PEMERINTAH KABUPATEN KULON PROGO DALAM PENGELOLAAN DAN PENYELENGGARAAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12417141045.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan pemahaman lebih tentang kinerja Tim PPID Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dalam pengelolaan dan penyelenggaraan keterbukaan informasi publik. Desain penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Informan penelitian ini adalah Kepala pelaksana dan staff Tim PPID Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Tim PPID Pembantu pada Dinas Kesehatan dan Kecamatan Nanggulan Kabupaten Kulon Progo, Kepala Tim PPID Komisi Informasi DIY dan masyarakat pengakses informasi publik. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi serta dokumentasi yang dilakukan di kantor Tim PPID Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dan Tim PPID Pembantu. Teknik pemerikasaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data penelitian menggunakan empat tahapan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja Tim PPID Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dalam pengelolaan dan penyelenggaraan keterbukaan informasi publik dapat terselenggara dengan baik. Hal tersebut dilhat berdasarkan indikator yang digunakan (1) responsivitas Tim PPID Pemerintah Kabupaten Kulon Progo baik karena mampu menanggapi respon, keluhan dan masukan dari masyarakat dengan baik. (2) Responsibiltas Tim PPID Pemerintah Kabupaten Kulon Progo baik dikarenakan dalam pelaksanaanya sudah sesuai dengan peraturan dan dasar hukum yang berlaku. (3) Akuntabilitas baik dikarenakan ketaatan dan koordinasi antar komponen sangat kooperatif walaupun dijumpai sedikit hambatan. (4) memiliki daya tahan dan daya saing dengan adanya inovasi dalam pengelolaan informasi publik. (5) memiliki usaha agar organisasi ini dapat berkelanjutan (6) Memberikan keterbukaan kepada masyarakat pengakses informasi publik. (7) berempati dengan kualitas layanan yang digunakan. Terdapat kendala internal yang menghambat kinerja Tim PPID Pemerintah Kabupaten Kulon Progo. Kata Kunci : Kinerja, Informasi Publik, Tim PPID Kabupaten Kulon Progo

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Administrasi Publik
Depositing User: Admin Administrasi Negara FIS
Date Deposited: 11 Aug 2016 08:01
Last Modified: 30 Jan 2019 10:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39553

Actions (login required)

View Item View Item