Keefektifan Metode Simulasi untuk Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Pembelajaran IPS di Tingkat Sekolah Dasar

Muzakir, Muzakir (2011) Keefektifan Metode Simulasi untuk Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Pembelajaran IPS di Tingkat Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muzakir-09705251017.swf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan skor hasil belajar IPS dan keterampilan sosial siswa (tanggung jawab sosial, kerja sama toleransi, dan ketaatan beribadah antara siswa yang mengikuti pembelajaran IPS dengan metode simulasi dan yang dengan metode konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eskperimen dengan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Muhammadiyah Condongcatur dan SD Muhammadiyah Kadisoka, Sleman Yogyakarta. Sampel dipilih dengan teknikrandom samplinguntuk menentukan kelas eksperimen. Data diperoleh dengan tes untuk mengukur hasil belajar kognitif dan non-tes berupa angket dengan skala Likert dan lembar observasiuntuk memperoleh data tentang keterampilan sosial siswa. Data dianalisis dengan menggunakan teknik statistik Multivariate Analysis Of Variance(MANOVA) dan uji signifikansinyadengan α=0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar kognitif IPS siswa yang mengikuti pembelajaran IPS dengan metode simulasi lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran IPS dengan metode konvesional(F=6,593 pada ρ= 0,012<0,05); 2)Keterampilan sosial siswa yang mengikuti pembelajaran IPS dengan metode simulasi lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran IPS dengan metode konvensional. Keterampilan sosial terdiri atas tanggung jawab sosial(F = 5,056; ρ= 0,028< 0,05);kerjasama (F=10,734; ρ= 0,002<0,05);toleransi (F=5,368; ρ=0,023<0,05);dan ketaatan beribadah (F=7,214; ρ=0,009<0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode simulasi efektif untuk peningkatan hasil belajar kognitif dan keterampilan sosialdalam pembelajaran IPS di tingkat sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode simulasi, hasil belajar, keterampilan sosial, tanggung jawab sosial, kerjasama, toleransi, ketaatan beribadah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2016 08:03
Last Modified: 29 Jan 2019 08:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39551

Actions (login required)

View Item View Item