STUDI EKSPLORASI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH, KUALIFIKASI AKADEMIK GURU DAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGAJAR DI SMA NEGERI 1 TURI SLEMAN

Susilaningrum, Trisni (2016) STUDI EKSPLORASI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH, KUALIFIKASI AKADEMIK GURU DAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGAJAR DI SMA NEGERI 1 TURI SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_TRISNI SUSILANINGRUM_12804244005.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) bagaimana supervisi kepala sekolah, (2) kualifikasi akademik guru, (3) kompetensi guru dalam mengajar di SMA N 1 Turi Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan didukung pendekatan kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 20 guru tetap di SMA N 1 Turi Sleman. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif menggunakan statistik deskriptif dan analisis kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian berdasarkan tanggapan responden dari hasil uji kategorisasi menunjukkan bahwa (1) Supervisi yang dilakukan kepala sekolah adalah baik, pada tahap perencanaan sebesar 55% menunjukkan kategori sangat baik, sebesar 40% pada kategori baik dan pada kategori cukup mendapat 5%. Pada tahap pelaksanaan kategori sangat baik memperoleh 35%, pada kategori baik dan cukup sama-sama mendapat 30% dan kategori tidak baik memperoleh 5%. Tahap evaluasi masuk kategori baik sebesar 50%, kategori sangat baik mendapat 40% dan pada kategori cukup dan tidak baik memperoleh masinng-masing 5%. (2) Kualifikasi akademik guru, yaitu kategori baik dan sangat baik sama-sama memperoleh 45%. Dalam kategori cukup memperoleh 10%. (3) Kompetensi guru termasuk dalam kategori baik dan sangat baik di masing-masing kategori sama besar yaitu 50%. Dijelaskan sebagai berikut : a). kompetensi profesional mendapat 55% untuk kategori baik dan kategori cukup sebesar 15%, dan kategori sangat baik sebesar 30%. b). Kompetensi sosial pada kategori sangat baik sebesar 60% dan pada kategori baik sebesar 40%. c). Kompetensi pribadi mendapat kategori sangat baik sebanyak 75% dan kategori baik sebanyak 25%. d). Kompetensi pedagogik pada kategori baik yaitu 60% sedangkan dalam kategori sangat baik sebanyak 40%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Aspek Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 08 Aug 2016 03:14
Last Modified: 30 Jan 2019 10:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38978

Actions (login required)

View Item View Item