PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MICROSOFT POWERPOINT PADA MATA PELAJARAN TEKHNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 PLUPUH SRAGEN

Kurniawati, Ayu (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MICROSOFT POWERPOINT PADA MATA PELAJARAN TEKHNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 PLUPUH SRAGEN. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
AYU KURNIAWATI 075202440070.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MICROSOFT POWERPOINT PADA MATA PELAJARAN TEKHNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 PLUPUH SRAGEN Oleh Ayu Kurniawati NIM. 07520244070 Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengembangkan media pembelajaran menggunakan Microsoft PowerPoint sebagai media pembelajaran TIK di SMP N 2 Plupuh Sragen ,2)Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran menggunakan Microsoft PowerPoint sebagai media pembelajaran TIK di SMP N 2 Plupuh Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan prosedur penelitian menggunakan model sekuensial linier. Pengembangan media pembelajaran menggunakan Microsoft PowerPoint dengan 4 tahap, yaitu : 1) Analisis Kebutuhan, 2) Desain, 3) Implementasi, dan 4) Pengujian. Penentuan tingkat kelayakan media pembelajaran menggunakan Microsoft PowerPoint berdasarkan uji validasi para ahli dan uji coba kepada siswa melaui angket. Cara menentukan sampel dengan teknik purposive sample, yaitu siswa kelas VIII sebanyak masing-masing 10 siswa dalam 4 kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran menggunakan Microsoft PowerPoint dinyatakan melaui pengujian para ahli dan pendapat siswa. Presentase yang dicapai oleh ahli materi yang dilakukan guru TIK SMP N 2 Plupuh Sragen sebesar 71,67% dan oleh dosen ahli materi sebesar 75%, dapat diartikan bahwa materi tekhnologi informasi dan komunikasi dalam kategori layak. Presentase yang dicapai oleh ahli media adalah 69,33% dapat diartikan bahwa media pembelajaran menggunakan Microsoft PowerPoint dalam kategori layak. Dari siswa presentase yang dicapai adalah 73,56% dapat dintepretasikan media pembelajaran menggunakan Microsoft PowerPoint dala kategori layak. Siswa tertarik dan dapat memahami materi yang disampaikan melalui tampilan yang didesain secara atraktif. Kata kunci : media pembelajaran, Microsoft PowerPoint, kelayakan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Aug 2016 02:33
Last Modified: 30 Jan 2019 10:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38058

Actions (login required)

View Item View Item