Perbedaan Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dan Problem Posing dengan Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Kelas V SD Se-Gugus Ki Hajar Dewantara

Prabowo, Adhi (2016) Perbedaan Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dan Problem Posing dengan Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Kelas V SD Se-Gugus Ki Hajar Dewantara. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-adhi-prabowo-14712251005.swf

Download (75MB)

Abstract

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk: (1) menguji perbedaan efektivitas model pembelajaran Problem Solving dan model pembelajaran Problem Posing dengan pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi matematis; (2) mengungkapkan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Problem Solving dan model pembelajaran Problem Posing dengan pendekatan saintifik; (3) mengungkapkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Problem Solving dan model pembelajaran Problem Posing dengan pendekatan saintifik. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest non-equivalent comparison-group design. Sampel penelitian adalah SDN 1 Jenarlor, SDN 1 Jenarwetan, dan SDN 2 Jenarwetan. Pemilihan kelompok eksperimen menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Tes digunakan un¬tuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis. Analisis data menggunakan uji T2 Hotelling’s. Berdasarkan hasil analisis data secara manual diperoleh Fobs>Ftabel dan dengan bantuan software SPSS versi 16.0 diperoleh sig<0,05, sehingga H0 ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan efektivitas model pembelajaran Problem Solving dan model pembelajaran Problem Posing dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi matematis; (2) model pembelajaran Problem Posing dengan pendekatan saintifik lebih efektif daripada model pembelajaran Problem Solving dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis; (3) model pembelajaran Problem Solving dan model pembelajaran Problem Posing dengan pendekatan saintifik masing-masing dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: problem solving, problem posing, saintifik, berpikir kritis, komunikasi matematis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Jul 2016 02:40
Last Modified: 09 May 2019 07:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37846

Actions (login required)

View Item View Item