Fransiska, Fransiska (2016) Pendidikan Multikultural di TK Mutiara Persada Soragan Yogyakarta. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-fransiska-14717259004.swf Download (15MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan : (1) program dan (2) proses pembelajaran di TK Mutiara Persada Soragan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian ditentukan dengan teknik purposive terdiri dari delapan guru dengan satu kepala sekolah dan tujuh guru kelas. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian ini dianalisis menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman untuk mendeskripsikan dan menganalisis kedua aspek pendidikan multikultural di TK Mutiara Persada Soragan Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan dua temuan. Pertama, program pendidikan multikultural terdiri atas program utama yang terstruktur dalam kurikulum yang materinya terintegrasi dalam kurikulum nasional yaitu kurikulum yang diterapkan oleh Dinas Pendidikan dengan pengembangan agama dan bahasa sebagai kekhasan dari TK Mutiara Persada Soragan Yogyakarta. Program pendukung berupa kegiatan di luar kurikulum yang pelaksanaannya berupa kegiatan ekstrakurikuler yang meliputi kegiatan sanggar seni dan pengembangan bakat. Nilai pendidikan multikulturalnya berupa nilai demokratis (keadilan), nilai humanis (menghormati hal individu dan berkerjasama), nilai pluralisme (menghargai perbedaan). Kedua, proses pembelajaran menggunakan pendekatan kontribusi. Skenario pembelajarannya berupa pengenalan pahlawan, hari libur, etnis dan budaya serta peninggalan sejarah seperti candi, rumah adat dan peninggalan sejarah lainnya dengan menggunakan model multikultural etnik yang mengakui eksistensi setiap anak dalam belajar dengan menggunakan media gambar, boneka tangan, film dan bahan alam. Evaluasi dilakukan ketika proses pembelajaran berlangsung antara guru dan siswa serta evaluasi mingguan yang dilaksanakan setiap hari Jumat antara kepala sekolah dan guru sehingga dengan demikian maka keberhasilan pendidikan multikultural terwujud karena adanya kerjasama yang baik antara kepala sekolah dan guru
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan multikultural, taman kanak-kanak |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 25 Jul 2016 07:38 |
Last Modified: | 09 May 2019 07:23 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37445 |
Actions (login required)
View Item |