Pengaruh Metode MPF dan Modalitas Belajar Siswa terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas X SMAN I Bati-Bati

Sumarno, Sumarno (2012) Pengaruh Metode MPF dan Modalitas Belajar Siswa terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas X SMAN I Bati-Bati. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sumarno-10708259021.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran menabung produk fisika (MPF) dan modalitas belajar terhadap pemahaman konsep fisika siswa. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui: (1) apakah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode MPF terhadap pemahaman konsep fisika siswa. (2) apakah ada perbedaan pemahaman konsep fisika pada siswa yang memiliki modalitas belajar berbeda, dan (3) apakah ada interaksi antara metode MPF yang digunakan dengan modalitas belajar siswa terhadap pemahaman konsep fisika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi-experimental research), dengan desain faktorial 2x3. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN I Bati-Bati semester II tahun ajaran 2011/2012. Pengambilan sampel dengan acak kelas dari enam kelas diambil dua kelas yang masing-masing terdiri dari 32 siswa. Dalam proses pembelajaran kelas eksperimen menggunakan metode MPF dan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Data penelitian dikumpulkan melalui angket untuk modalitas belajar, tes untuk pemahaman konsep fisika dan observasi untuk aktivitas siswa. Hasil uji coba instrumen menunjukkan bahwa reliabilitas tes sebesar 0,83 dan reliabilitas angket sebesar 0,80. Data penelitian dianalisis dengan SPSS versi 17.0 for windows pada taraf signifikan 0,05 dengan uji anava dua arah. Hasil penelitian menunjukkan temuan-temuan sebagai berikut. (1) Metode MPF mempengaruhi pemahaman konsep fisika siswa sebesar 38,4%. (2) Tidak ada perbedaan yang signifikan pemahaman konsep fisika pada siswa yang memiliki modalitas belajar yang berbeda. (3) Tidak ada interaksi antara metode MPF yang digunakan dengan modalitas belajar siswa terhadap pemahaman konsep fisika siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode MPF, modalitas belajar, pemahaman konsep fisika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 03:32
Last Modified: 29 Jan 2019 08:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36800

Actions (login required)

View Item View Item