Pengembangan Panduan dan Pelatihan Bimbingan Karir Berbasis Kewirausahaan untuk Siswa Berkebutuhan Khusus

Edi Purwanto, M.Pd. and Hermanto, Hermanto and Sukinah, M.Pd. and Farida Harahap, M.Si. (2015) Pengembangan Panduan dan Pelatihan Bimbingan Karir Berbasis Kewirausahaan untuk Siswa Berkebutuhan Khusus. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
laporan KWU.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Berwirausaha adalah salah satu alternatif masa depan bagi para penyandang kebutuhan khusus tetapi belum banyak yang menekuninya karena berbagai hambatan yang mereka hadapi. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kebutuhan ABK untuk berwirausaha. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan melakukan survey dan kualitatif melalui FGD. Subyek penelitian adalah 37 orang siswa berkebutuhan khusus, 25 guru SLB dan 2 petugas dari depnaker. Penelitian dilakukan melalui survey terhadap 37 siswa berkebutuhan khusus, 19 laki-laki dan 18 perempuan dari 4 SLB di Yogyakarta yang diambil secara purposive sampling, yaitu meraka yang sudah berada di kelas lanjutan. Hasil penelitian menunjukkan 1) Dari 37 siswa, 27 orang belum mantap untuk berwirausaha dan 10 sudah mantap. Eksplorasi karir termasuk dalam kategori sedang sedangkan intensitas untuk berwirausaha tergolong tinggi. Hambatan terbesar yang dirasakan siswa berkebutuhan khusus ada 3, yaitu: kurangnya informasi mengenai lapangan kerja, tidak bisa mengambil keputusan, dan tidak mengenali kemampuan diri. 2) Orangtua sudah menyadari bahwa kewirausahaan bisa menjadi alternatif karir bagi masa depan anaknya tapi dukungan yang diberikan paling besar adalah dukungan moril, tenaga, dan pendampingan. Ortu membutuhkan dukungan modal, peralatan, fasilitas, pelatihan dan pendampingan dari guru, sekolah dan pemerintah 3) Sekolah sudah melaksanakan pemebelajaran kewirausahaan tapi penekanannya lebih pada pemberian ketrampilan. Hambatan yang dihadapi sekolah adalah, dana, peralatan, SDM serta keterbatasan waktu dan kemampuan guru dalam mendampingi anak. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa berkebutuhan khusus sangat membutuhkan berbagai bantuan untuk meningkatkan motivasi dan minat berwirausaha. Luaran yang dihasilkan penelitian tahun I ini adalah: (a) identifikasi secara komprehensif kebutuhan layanan bimbingan karir berbasis kewirausahaan bagi siswa berkebutuhan khusus, (b) draft panduan dan (c) artikel ilmiah untuk diseminarkan dan dijurnalkan.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: Laporan Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi 2015
Uncontrolled Keywords: pelatihan, pengambilan keputusan karir, wirausaha, mahasiswa
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 19 Jul 2016 03:29
Last Modified: 19 Jul 2016 03:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36709

Actions (login required)

View Item View Item