Prasetyaningsih, Prasetyaningsih (2012) Pengelolaan Kelas RSBI dan SSN dalam Pembelajaran Sains di SMP Kabupaten Pati. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-prasetyaningsih-10708251012.swf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: (1) perencanaan pengelolaan kelas di SMP RSBI dan SSN dalam pembelajaran sains; dan (2) proses pengelolaan kelas di SMP RSBI dan SSN dalam pembelajaran sains. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif, yang memfokuskan pada pengelolaan kelas pembelajaran sains pada SMP RSBI dan SSN. Subjek penelitian ini SMP RSBI dan SMP SSN Kabupaten Pati yang difokuskan pada perencanaan dan pelaksanaan pengelolaan kelas pembelajaran sains. Ada dua SMP RSBI di Kabupaten Pati yaitu SMP N 3 Pati dan SMP N 1 Juwana, sedangkan SMP SSN dipilih 6 sekolah yang berada di Kabupaten Pati yaitu: (1) SMP N 2 Pati; (2) SMP N 4 Pati; (3) SMP N 1 Wedarijaksa; (4) SMP N 1 Trangkil; (5) SMP N 1 Tlogowungu; dan (6) SMP N 1 Gabus. Data penelitian diperoleh melalui: observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Data yang diperoleh bersifat subjektif, berupa hasil observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan: perencanaan pengelolaan kelas di SMP kategori RSBI dan SSN dalam pembelajaran sains di Kabupaten Pati berkategori baik. Guru sains di SMP kategori RSBI belum mengakomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas materi pelajaran, keragaman budaya dan isu-isu lokal dan global pengembangan. Penggunaan media TIK dalam proses pembelajaran sains di SMP kategori RSBI masih kurang maksimal. Guru sains di SMP kategori RSBI masih kurang memperhatikan karakteristik peserta didik dan mendorong partisipasi aktif peserta didik, dan belum mengembangkan bahan ajar dalam berbagai bentuk baik handout, LKS, modul, dan bahan ajar berbasis TIK. Guru sains di SMP Kategori SSN belum sepenuhnya mempertimbangkan penerapan TIK dalam pembelajaran IPA, belum mengembangkan bahan ajar sendiri dalam berbagai bentuk, baik handout, LKS, modul dan bahan ajar yang lain, serta belum merencanakan penilaian dengan lengkap, baru menuliskan teknik penilaian belum menyertakan instrumen penilaian dan rubrik penilaian. Pelaksanaan pengelolaan kelas di SMP RSBI dan SSN dalam pembelajaran sains berkategori baik. Penggunaan bahasa Inggris di SMP Kategori RSBI yang masih kurang, kurang lebih baru 20 sampai dengan 30% dari keseluruhan proses pembelajaran. Kemampuan guru di SMP kategori RSBI dalam mengajak peserta didik pada problem solving, berpikir kritis, dan aktifitas lain yang membuat materi pembelajaran menjadi bermakna masih kurang. Guru sains di SMP Kategori SSN belum sepenuhnya menerapkan pembelajaran berbasis CTL, serta pembelajaran sains yang dilakukan belum sepenuhnya memanfaatkan media ICT.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan kelas, RSBI, SSN, pembelajaran sains |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 18 Jul 2016 03:52 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 08:28 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36611 |
Actions (login required)
View Item |