Kompetensi Guru Fisika dalam Implementasi KTSP di SMA Negeri Kota Ternate

Muhammad, Nurlaela (2012) Kompetensi Guru Fisika dalam Implementasi KTSP di SMA Negeri Kota Ternate. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nurlaela-muhammad-10708251022.swf

Download (23MB)

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kompetensi pedagogik guru fisika dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, dan 2) kompetensi profesional guru fisika dalam penguasaan materi. Penelitian ini menggunakan pendekatan survei dan data penelitian diperoleh dari kepala sekolah, guru mata pelajaran fisika dan siswa kelas XI-IPA pada SMA Negeri Kota Ternate Tahun Ajaran 2011/2012. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, pedoman wawancara, pedoman observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis adalah sebagai berikut. (1) Kompetensi pedagogik guru fisika di SMA Negeri Kota Ternate dalam merencanakan pembelajaran yaitu 91,52% kategori sangat baik sedangkan kompetensi pedagogik guru fisika dalam melaksanakan pembelajaran yaitu memperoleh skor rerata untuk kesepuluh sekolah tersebut adalah 79,22% digolongkan pada kategori sangat baik. Nilai rerata tersebut mengindikasikan bahwa guru menguasai kompetensi pedagogik dengan sangat baik. (2) Rerata skor penilaian kompetensi profesional guru fisika SMA Negeri Kota Ternate untuk kesepuluh sekolah tersebut adalah 74,43% dan berada pada kategori baik. Nilai rerata tersebut mengindikasikan bahwa guru menguasai kompetensi profesional dengan baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kompetensi guru fisika, implementasi KTSP
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2016 03:29
Last Modified: 29 Jan 2019 08:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36604

Actions (login required)

View Item View Item