Pengembangan Media Pembelajaran M-Learning Bidang Kimia untuk Meningkatkan Motivasi dan Retensi Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY

Sadiq, Fajar (2012) Pengembangan Media Pembelajaran M-Learning Bidang Kimia untuk Meningkatkan Motivasi dan Retensi Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fajar-sadiq-10708259020.swf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) membuat media pembelajaran berbasis m-learning materi asam basa, (2) mengetahui kelayakannya, dan (3) mengetahui keefektifannya untuk meningkatkan retensi dan motivasi belajar peserta didik kelas XI SMA. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (Research and Development) yang melalui 4 tahap yakni: identifikasi atau analisis kebutuhan, desain, pengembangan, dan evaluasi. Pengembangan media m-learning dimulai dengan analisis pendahuluan, analisis materi pelajaran, pengembangan produk m-learning, validasi ahli media dan ahli materi pembelajaran, uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil dan uji lapangan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi media, lembar angket uji coba media, lembar tes retensi belajar, dan lembar angket motivasi belajar. Produk penelitian ini adalah media pembelajaran materi asam basa berbasis m-learning yang dapat dijalankan dengan telepon genggam yang didukung aplikasi flash dan flash lite. Media pembelajaran tersebut memuat petunjuk penggunaan, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, soal latihan, dan evaluasi mandiri. Hasil validasi menunjukkan m-learning yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan kategori baik, dan pemanfaatan media pembelajaran dapat meningkatkan retensi dan motivasi belajar peserta didik secara signifikan. Berdasarkan hasil tes retensi, rata-rata skor retensi kelas eksperimen lebih tinggi (111,64%) dibanding kelas kontrol (87,18%). Motivasi kelas eksperimen lebih tinggi (rata-rata skor motivasi 163,58) dibanding kelas kontrol (rata-rata skor motivasi 154,40).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: motivasi, m-learning, pengembangan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2016 05:02
Last Modified: 29 Jan 2019 08:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36133

Actions (login required)

View Item View Item