Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Motivasi Belajar, dan Sikap Siswa Pada Pelajaran Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP

Hadiyanti, Yosepin Rianita (2012) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Motivasi Belajar, dan Sikap Siswa Pada Pelajaran Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yosefin-rianita-hadiyanti-09709251023.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) pengaruh pola asuh orang tua, motivasi belajar, dan sikap siswa pada pelajaran matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa; 2) pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar matematika siswa; 3) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa; 4) pengaruh sikap siswa pada pelajaran matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang bersifat ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP se-Kota Jayapura. Sampel penelitian adalah siswa SMPN 2 Jayapura, SMPN 11 Jayapura, SMP Muhammadiyah Jayapura, SMP YPK Kotaraja Jayapura, dan SMP YPPK Santo Paulus yang diambil secara stratified random sampling dengan memilih kelas secara acak. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah: 1) tes prestasi belajar Matematika dengan koefisien reliabilitas 0,75 dan SEM 1,22; 2) angket pola asuh orang tua dengan koefisien reliabilitas 0,69 dan SEM 14,54; 3) angket motivasi belajar dengan koefisien reliabilitas 0,7145 dan SEM 10,45; dan 4) angket sikap siswa pada pelajaran matematika dengan koefisien reliabilitas 0,735 dan SEM 10,42. Untuk mengetahui pengaruh ketiga variabel bebas secara bersama-sama terhadap variabel terikat digunakan analisis regresi berganda. Selanjutnya untuk menguji model regresi linier digunakan uji anava. Untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat digunakan uji t. Analisis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) tidak terdapat pengaruh secara bersama-sama dari pola asuh orang tua, motivasi belajar, dan sikap siswa pada pelajaran matematika terhadap prestasi belajar matematika; 2) tidak terdapat pengaruh antara pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP; 3) terdapat pengaruh antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP; 4) tidak terdapat pengaruh antara sikap siswa pada pelajaran matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pola asuh orang tua, motivasi belajar, sikap pada pelajaran matematika, prestasi belajar matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2016 02:18
Last Modified: 29 Jan 2019 08:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35523

Actions (login required)

View Item View Item