Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Tipe Think-Pair-Share (TPS) Ditinjau Dari Prestasi dan Minat Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VII Tahun Pelajaran 2011/2012

Suripah, Suripah (2012) Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Tipe Think-Pair-Share (TPS) Ditinjau Dari Prestasi dan Minat Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VII Tahun Pelajaran 2011/2012. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-suripah-10709251004.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TPS ditinjau dari prestasi dan minat belajar matematika siswa dan 2) interaksi antara model pembelajaran kooperatif STAD dan TPS berdasarkan jenis sekolah ditinjau dari prestasi dan minat belajar matematika siswa SMP. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Multiple-Groups Pretest-Posttest. Penelitian ini menggunakan empat kelompok eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 2 Ayah dan SMP Muhammadiyah 1 Gombong yang masing-masing terdiri dari tiga kelas. Dari populasi yang ada diambil masing-masing dua kelas pada tiap sekolah secara acak sebagai sampel penelitian. Kemudian dari dua kelas yang terpilih pada masing-masing sekolah, ditentukan secara acak kelas yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TPS. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes berbentuk uraian dan angket minat. Pengukuran validitas instrumen menggunakan validitas isi dan konstruk, sedangkan pengukuran reliabilitas instrumen menggunakan rumus alpha Cronbach, selanjutnya dilakukan perhitungan Standar Error Measurement (SEM). Pengujian keefektifan pembelajaran pada masing-masing variabel, menggunakan statistik uji one sample t-test. Untuk membandingkan keefektifan, data dianalisis menggunakan factorial multivariate analysis of variance, sedangkan untuk menentukan pendekatan manakah yang lebih efektif, data dianalisis menggunakan uji t. Analisis dilakukan pada taraf kepercayaan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) model pembelajaran kooperatif tipe STAD maupun TPS efektif ditinjau dari aspek prestasi dan minat belajar matematika siswa dan 2) terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif STAD dan TPS berdasarkan jenis sekolah ditinjau dari prestasi dan minat belajar matematika siswa SMP. Hasil interaksi antara model pembelajaran berdasarkan jenis sekolah menunjukkan bahwa: (a) model pembelajaran kooperatif TPS lebih efektif dibandingkan STAD ditinjau dari prestasi maupun minat belajar matematika siswa SMP Negeri; (b) model pembelajaran kooperatif STAD lebih efektif dibandingkan TPS ditinjau dari prestasi maupun minat belajar matematika siswa SMP Muhammadiyah; (c) model pembelajaran kooperatif STAD pada SMP Muhammadiyah lebih efektif dibandingkan pada SMP Negeri ditinjau dari aspek prestasi maupun minat belajar matematika siswa; (d) model pembelajaran kooperatif TPS pada SMP Negeri lebih efektif dibandingkan pada SMP Muhammadiyah ditinjau dari aspek prestasi maupun minat belajar matematika siswa; (e) tidak terdapat perbedaan keefektifan model pembelajaran kooperatif TPS ditinjau dari minat belajar siswa antara kedua sekolah; (f) tidak terdapat perbedaan keefektifan antara model pembelajaran STAD pada SMP Negeri dengan model pembelajaran TPS pada SMP Muhammadiyah ditinjau dari aspek prestasi maupun minat belajar matematika siswa; (g) tidak terdapat perbedaan keefektifan antara model pembelajaran STAD pada SMP Muhammadiyah dengan model pembelajaran TPS pada SMP Negeri ditinjau dari aspek prestasi maupun minat belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kooperatif tipe STAD, model pembelajaran kooperatif Tipe TPS, prestasi belajar matematika, minat belajar matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 27 Jun 2016 03:57
Last Modified: 29 Jan 2019 08:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35464

Actions (login required)

View Item View Item