Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dan TAI Ditinjau dari Curiosity dan Karakter Siswa SMA dan MA di Pelaihari

Mugiyoningsih, Sri (2012) Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dan TAI Ditinjau dari Curiosity dan Karakter Siswa SMA dan MA di Pelaihari. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sri-mugiyoningsih-10709259011.swf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) keefektifan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe TGT dan tipe TAI pada pembelajaran matematika; dan 2) perbedaan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan tipe TAI pada pembelajaran matematika ditinjau dari karakter dan curiosity siswa dari jenis sekolah berbeda (SMA dan MA). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu menggunakan dua grup ekperimen. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas X SMAN 1 Pelaihari yang terdiri dari tujuh kelas dan MAN 1 Pelaihari yang terdiri dari lima kelas. Dari populasi yang ada diambil dua kelas secara acak dari masing-masing sekolah sebagai sampel penelitian. Kelas yang diperoleh adalah kelas XA dan kelas XC pada SMAN 1 Pelaihari dan kelas X2 dan kelas X5 pada MAN 1. Dua kelas dari masing-masing sekolah diambil dua kelas secara acak untuk menentukan pelakuan. Kelas XA dan kelas X2 belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan kelas XC dan kelas X5 belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Instrumen yang digunakan mengumpulkan data adalah angket curiosity dan angket karakter dengan Kaiser-Mayer-Olkin Measure of Sampling Adequcy adalah 0,551. Standar Eror Meansrument untuk karakter adalah 5,139 dan curiosity adalah 4,784. Untuk menguji keefektifan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dan tipe TAI digunakan analisis one sample t-test. Selanjutnya untuk menyelidiki manakah yang lebih efektif, analisis data menggunakan MANOVA dua faktor. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan tipe TAI secara umum efektif ditinjau dari aspek karakter dan curiosity siswa pada SMA dan MA, kecuali metode pembelajaran kooperatif tipe TGT di MA dan tipe TAI di SMA ditinjau dari curiosity tidak efektif.; 2) model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran kooperatif tipe TAI ditinjau dari curiosity dan pada aspek karakter sama efektif pada SMA. model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih efektif dibandingkan pembelajaran kooperatif tipe TAI ditinjau dari karakter dan dari aspek curiosity sama efektif pada MA; 3) model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih efektif di SMA dibandingkan di MA ditinjau dari curiosity dan pembelajaran kooperatif tipe TAI pada aspek karakter sama efektif. model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih efektif di MA dibandingkan di SMA, ditinjau dari karakter siswa dan pembelajaran kooperatif tipe TAI pada aspek curiosity sama efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif tipe TGT, pembelajaran kooperatif tipe TAI, curiosity, karakter
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 27 Jun 2016 03:07
Last Modified: 29 Jan 2019 08:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35425

Actions (login required)

View Item View Item