Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Bermuatan Moral dengan Pembelajaran Kooperatif pada Materi Pokok Trigonometri SMA Kelas X

Azizah, Rini (2012) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Bermuatan Moral dengan Pembelajaran Kooperatif pada Materi Pokok Trigonometri SMA Kelas X. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rini-azizah-10709259003.swf

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika bermuatan moral dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Jigsaw pada materi pokok trigonometri SMA kelas X yang berkualitas baik/layak yaitu valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development research). Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiangarajan, Semmel dan Semmel yang telah dimodifikasi sehingga hanya memuat tahap Define, Design dan Develop. Pengembangan perangkat dimulai dari tahap analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis materi, analisis tugas, spesifikasi tujuan pembelajaran, pemilihan media, pemilihan format, desain produk, uji ahli dan praktisi, uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi moral siswa, angket moral, lembar penilaian siswa, lembar penilaian guru, dan tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan mengkonversi total skor aktual yang diperoleh menjadi data kualitatif skala lima. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika bermuatan moral dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Jigsaw pada materi pokok trigonometri SMA kelas X. Perangkat tersebut terdiri dari Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), dan Tes Hasil Belajar (THB). Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan memiliki kategori sangat valid untuk masing-masing Silabus, RPP, LKS dan THB. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan praktis dan efektif. Kepraktisan mencapai kategori sangat baik ditinjau dari penilaian siswa, penilaian guru dan keterlaksanaan pembelajaran. Keefektifan ditinjau dari ketuntasan belajar siswa , angket nilai moral siswa dan lembar observasi nilai moral siswa secara klasikal masing-masing menunjukkan lebih dari 75 % mencapai kategori efektif. Secara klasikal ketuntasan belajar mencapai 83,33 %, persentase hasil angket moral siswa yang mencapai kategori minimal baik mencapai 81,4 % dan persentase hasil observasi terhadap aktivitas siswa yang mencerminkan nilai moral untuk kelas XA mencapai 90,84 % dan kelas XC mencapai 93,94 % dengan kategori sangat baik. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, matematika, pembelajaran kooperatif, moral
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2016 06:22
Last Modified: 29 Jan 2019 08:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35422

Actions (login required)

View Item View Item