Keefektifan Model Cooperative Learning Tipe STAD dan Tipe TAI pada Materi Pokok Himpunan Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Praya Timur

Supratman, Moh. (2012) Keefektifan Model Cooperative Learning Tipe STAD dan Tipe TAI pada Materi Pokok Himpunan Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Praya Timur. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-moh-supratman-10709251036.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan: (1) model cooperative learning tipe STAD dengan model cooperative learning tipe TAI ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar matematika; (2) model cooperative learning tipe STAD dibandingkan dengan model cooperative learning tipe TAI ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, yang menggunakan dua kelompok eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Praya Timur. Dua kelas ditentukan secara acak sebagai sampel dari empat kelas yang ada. Sampel yang diperoleh adalah siswa kelas VII3 dan kelas VII4 masing-masing terdiri dari 42 siswa. Kemudian secara acak untuk kelas VII3 diterapkan model cooperative learning tipe STAD dan kelas VII4 diterapkan model cooperative learning tipe TAI. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan pemecahan masalah dan angket motivasi belajar matematika. Pemberian bukti validitas instrumen menggunakan validitas isi dan validitas konstruk, sedangkan mengestimasi reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Untuk keefektifan model cooperative learning tipe STAD dan tipe TAI pada masing-masing variabel, data dianalisis menggunakan uji one sample t-test pada taraf signifikansi 5%. Untuk membandingkan keefektifan model cooperative learning tipe STAD dan tipe TAI, data dianalisis secara multivariat menggunakan T2 Hotellingdengan taraf signifikansi 5% dan dianalisis lanjut menggunakan uji t univariat dengan kriteria bonferoni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) model cooperative learning tipe STAD dan model cooperative learning tipe TAI efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar matematika; 2) model cooperative learning tipe STAD tidak lebih efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah, tetapi model cooperative learning tipe STAD lebih efektif dibanding model coopeartive learning tipe TAI ditinjau dari motivasi siswa belajar matematika.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model cooperative learning tipe STAD, cooperative learningtipe TAI, kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2016 07:05
Last Modified: 29 Jan 2019 08:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35274

Actions (login required)

View Item View Item