Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Posing dan Writing to Learn Mathematics Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Noviyana, Hesti (2012) Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Posing dan Writing to Learn Mathematics Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hesti-noviyana-10709251031.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendekripsikan keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan problem posing dan writing to learn mathematics ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis dan pemecahan masalah matematis, dan (2) membandingkan keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan problem posing dibandingkan dengan writing to learn mathematics ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis dan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest nonequivalent group design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok eksperimen. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Dari populasi yang ada ditentukan kelas VII-3 dan VII-B sebagai sampel. Kedua kelas sampel kemudian diacak untuk menentukan perlakuan pembelajaran. Didapatkan kelas VII-3 dikenai perlakuan dengan menggunakan pendekatan problem posing dan kelas VII-B dikenai perlakuan dengan menggunakan pendekatan writing to learn mathematics. Instrument yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah berupa tes kemampuan komunikasi matematis dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang masing-masing terdiri dari 5 butir soal. Untuk mengetahui keefektifan pendekatan problem posing dan pendekatan writing to learn mathematics pada masing-masing variabel, data dianalisis dengan uji proporsi pada taraf signifikansi 5%. Kemudian untuk membandingkan keefektifan pendekatan problem posing dan pendekatan writing to learn mathematics, data dianalisis secara multivariat dengan statistik uji T2 Hotelling pada taraf signifikansi 5% (0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) pembelajaran matematika dengan pendekatan problem posing dan writing to learn mathematics efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis dan pemecahan masalah matematis; dan 2) pembelajaran matematika dengan pendekatan problem posing lebih efektif dibanding pembelajaran matematika dengan pendekatan writing to learn mathematics ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis dan pemecahan masalah matematis.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan problem posing, pendekatan writing to learn mathematics, kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2016 03:32
Last Modified: 29 Jan 2019 08:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35071

Actions (login required)

View Item View Item