Pengembangan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Berbasis Budaya Cerita Rakyat Melayu Riau pada Kelas 3 Sekolah Dasar

Athar, Gadis Arniyati (2012) Pengembangan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Berbasis Budaya Cerita Rakyat Melayu Riau pada Kelas 3 Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-gadis-arniyati-athar-09709251025.swf

Download (29MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan PMR berbasis budaya cerita rakyat Melayu Riau yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development research). Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan PMR yang berbasis budaya cerita rakyat Melayu Riau pada materi pokok keliling dan luas persegi dan persegi panjang. Perangkat pembelajaran terdiri dari rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), buku petunjuk guru (BPG), buku siswa (BS), lembar kerja siswa (LKS) dan tes hasil belajar (THB). Pengembangan perangkat dimulai dari tahap studi pendahuluan, tahap desain produk dan tahap pengembangan dan evaluasi produk. Aspek kualitas produk pengembangan berdasarkan kualitas produk Nieveen yang terdiri dari 3 aspek, yaitu valid, praktis, dan efektif. Subjek uji coba penelitian terdiri atas 25 siswa dan I guru SDIT BPPMA Annur Pekanbaru Riau, 2l siswa dan I guru SDIT Al-Ulum Islamic School Pekanbaru Riau. Instrumen pada penelitian ini terdiri atas; (1) kevalidan : penilaian validator terhadap RPP, BPG, BS, LKS dan THB, (2) kepraktisan : lembar penilaian kepraktisan buku catatan guru, lembar penilaian kepraktisan dari siswa, lembar observasi kemampuan guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan (3) keefektifan:tes hasil belajar, lembar angket respons guru dan lembar angket respons siswa. Hasil validasi menunjukkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan yakni RPP, BPG, BS, LKS dan THB layak digunakan dengan kategori valid. Hasil uji coba 1 menunjukkan tingkat keefektifan dari THB belum memenuhi kriteria keefektifan. Dari uji coba 2 menunjukkan perangkat yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kepraktisan dan keefektifan. Dengan tingkat kepraktisan pada setiap pembelajaran sebagai berikut; (l) dari lembar penilaian kepraktisan buku catatan guru untuk model pembelajaran ≥ 45 dengan kategori minimal praktis dan untuk perangkat pembelajaran ≥ 65 dengan kategori minimal praktis (2) dari lembar penilaian kepraktisan dari siswa, untuk model pembelajaran ≥ 84% dengan kategori minimal praktis dan untuk perangkat pembelajaran ≥ 88% dengan kategori minimal praktis, (3) lembar observasi kemampuan guru menunjukkan ≥ 92 dengan kategori sangat baik, (4) aktivitas siswa ≥ 8l% dengan kategori sangat baik. Untuk keefektifan yakni ; (l) THB siswa yang lulus 84%, (2) Respons siswa 95% dengan kategori sangat baik, (3) Respons guru berkategori baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, matematika realistik, cerita rakyat, budaya Melayu Riau, Sekolah Dasar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2016 03:20
Last Modified: 29 Jan 2019 08:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35047

Actions (login required)

View Item View Item