Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA di Kecamatan Pulau Sebuku Kabupaten Kotabaru

Riady, Akhmad Mukhlas (2012) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA di Kecamatan Pulau Sebuku Kabupaten Kotabaru. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-akhmad-mukhlas-riady-10709259016.swf

Download (28MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar matematika siswa SMA di Kecamatan Pulau Sebuku tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif dengan populasi sebanyak 229 orang. Sampel sejumlah 150 siswa ditentukan menggunakan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dengan koefisien reliabilitasnya α = 0,931 dan teknik dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis faktor, regresi ganda, dan korelasi bivariate. Hasil analisis faktor menunjukkan bahwa terdapat tujuh faktor yang terbentuk yang mempengaruhi prestasi belajar matematika siswa SMA di Kecamatan Pulau Sebuku. Faktor-faktor tersebut adalah (1) faktor kesehatan, (2) faktor kesulitan mengerjakan tugas dan ulangan, (3) faktor motivasi, (4) faktor cara belajar, (5) faktor lingkungan keluarga, (6) faktor lingkungan sekolah dan (7) faktor lingkungan masyarakat. Hasil regresi ganda menjelaskan besarnya pengaruh persentase faktor-faktor terhadap prestasi belajar matematika. Besar pengaruh koefisien determinasi adalah 0,131 mengandung pengertian bahwa pengaruh faktor-faktor yang dianalisis terhadap prestasi adalah 13,1 %. Sedangkan 86,9 % (100 % - 13,1 %) dipengaruhi oleh faktor lain. Pengaruh faktor internal terhadap prestasi belajar matematika adalah 5,4 %. Pengaruh faktor eksternal terhadap prestasi belajar matematika adalah 3,4 %. Hasil korelasi bivariate menunjukkan besarnya koefisien korelasi faktor kesulitan mengerjakan tugas dan ulangan (X2) dengan faktor cara belajar (X4) adalah +0,663, karena Sig. (2-tailed) = 0,000 kurang dari 0,05 berarti ada korelasi yang signifikan. Besarnya koefisien korelasi faktor kesulitan mengerjakan tugas dan ulangan (X2) dengan faktor lingkungan sekolah (X6) adalah +0,400, karena Sig. (2-tailed) = 0,000 kurang dari 0,05 berarti ada korelasi yang signifikan. Besarnya koefisien korelasi faktor cara belajar (X4) dengan faktor lingkungan sekolah (X6) adalah +0,221, karena Sig. (2-tailed) = 0,007 kurang dari 0,05 berarti ada korelasi yang signifikan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar, matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2016 09:10
Last Modified: 29 Jan 2019 08:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34796

Actions (login required)

View Item View Item