Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Kerja Keras Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus Sodo Kecamatan Paliyan

Wuryanti, Umi (2016) Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Kerja Keras Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus Sodo Kecamatan Paliyan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-umi-wuryanti-14712259009.swf

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) menghasilkan media pembelajaran berupa video animasi yang layak untuk meningkatkan motivasi belajar dan karakter kerja keras siswa kelas V SD Gugus Sodo, dan (2) mengetahui efektivitas media video animasi untuk meningkatkan motivasi belajar dan karakter kerja keras siswa kelas V SD Gugus Sodo Kecamatan Paliyan. Penelitian dan pengembangan ini mengacu 10 langkah yang dikembangkan Borg & Gall. Desain pengembangan dilakukan dari langkah pertama sampai kesembilan, yaitu: (1) studi pendahuluan (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba awal, (5) revisi produk awal, (6) uji coba lapangan, (7) revisi produk hasil uji coba lapangan, (8) uji coba lapangan operasional, dan (9) revisi produk akhir. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Sodo yang berjumlah 26 siswa, SD Giring berjumlah 10 siswa, SD Paliyan III berjumlah 10 siswa dan SD Pelemgede berjumlah 14 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan pedoman wawancara, lembar penilaian produk, skala motivasi belajar, angket respon guru, angket respon siswa, skala penilaian diri karakter, dan observasi karakter. Data dari instrumen dianalisis menggunakan analisis deskriptif skala lima dan analisis uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media video animasi pada materi persiapan kemerdekaan Indonesia yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan untuk meningkatkan belajar dan karakter kerja keras siswa kelas V SD Gugus Sodo Kecamatan Paliyan. Kelayakan media video animasi dilihat dari penilaian ahli materi dan ahli media yang mendapat penilaian dengan kategori “Sangat Baik”. Respon guru dan respon siswa terhadap penggunaan media video animasi dalam kegiatan pembelajarn terkategori “Sangat Baik”. (2) Media video animasi efektif meningkatkan motivasi belajar dan karakter kerja keras siswa kelas V SD Gugus Sodo, Kecamatan Paliyan. Efektivitas dilihat dari rata-rata skor motivasi belajar dan karakter kerja keras pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Terdapat perbedaan signifikansi skor motivasi belajar dan karakter kerja keras siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan media video animasi dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media video animasi, motivasi belajar, karakter kerja keras
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Jun 2016 01:30
Last Modified: 09 May 2019 07:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34323

Actions (login required)

View Item View Item