Pemanfaatan Museum sebagai Media Pembelajaran Sejarah dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa di SMA BOPKRI 2 Yogyakarta

Nuryati, Maria Goretti Sri (2012) Pemanfaatan Museum sebagai Media Pembelajaran Sejarah dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa di SMA BOPKRI 2 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-maria-goretti-sri-nuryati-10705251007.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan hasil belajar sejarah melalui pemanfaatan museum sebagai media pembelajaran; dan 2) mendapatkan bukti-bukti peningkatan hasil belajar sejarah setelah memanfaatkan museum, sebagai media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model spiral/siklus dari Kemmis & McTaggart yang dilakukan di SMA BOPKRI 2 Yogyakarta pada bulan Oktober dan November 2011, dengan menggunakan Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama Yogyakarta sebagai media pembelajaran. Penelitian ini berlangsung sebanyak dua siklus, masing-masing terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, serta refleksi. Peneliti bertindak sebagai pelaksana tindakan, sedangkan kolaborator yaitu saudara Nining Andriani, S.Pd., yang membantu dalam perencanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPS 4 karena kelas ini merupakan kelas yang terendah hasil belajarnya. Data yang diperoleh disajikan dalam tabel-tabel, dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan museum sebagai media pembelajaran sejarah mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Pelaksanaan pembelajaran pada siklus I menunjukkan bahwa pemanfaatan museum sebagai media pembelajaran sejarah telah meningkatkan hasil belajar, namun belum optimal karena baru 65% yang mencapai KKM sekolah (75). Oleh karena itu, skenario pembelajaran diperbaiki pada siklus II, yaitu dengan penambahan tindakan berupa studi pustaka, peningkatan pengawasan kelas, dan penambahan waktu belajar di museum. Penambahan tindakan pada siklus II terbukti telah meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan memanfaatkan museum sebagai media pembelajaran telah terjadi: 1) peningkatkan aktivitas pembelajaran, yang meliputi: partisipasi siswa dalam kelompok, dan interaksi siswa dengan guru, 2) peningkatkan hasil belajar sejarah yaitu, rerata skor post test siklus I = 75,43 dan siklus II = 81,26.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: museum, pembelajaran sejarah, hasil belajar sejarah
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2016 07:59
Last Modified: 29 Jan 2019 08:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34165

Actions (login required)

View Item View Item