LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD NEGERI BACIRO YOGYAKARTA

DICKY M. RAMADHANI, DICKY M. RAMADHANI (2015) LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD NEGERI BACIRO YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
8 LAPORAN PPL 2015 DICKY M. RAMADHANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Program PPL atau Praktik Pengalaman Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan pada tahun 2015 merupakan program pendidikan yang tertuang dalam kurikulum Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) memberikan kesempatan kepada mahasiswa UNY untuk meningkatkan kemampuan serta pengalaman dalam bidang pendidikan. SD Negeri Baciro merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL pada tahun 2015. Tujuan dari progran PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) adalah untuk memberikan pengalaman dan pengetahuan kepada mahasiswa dalam bidang manajerial pembelajaran di sekolah, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya yang tidak akan mahasiswa terima ketika mereka berada di bangku kuliah, serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses perkuliahan, sehingga mahasiswa akan bisa menggali kemampuan yang dimiliki dan dapat diterapkan di sekolah. Program PPL ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar terbimbing sebanyak 2 kali dan praktik mengajar mandiri sebanyak 2 kali yang dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Selain itu, terdapat ujian praktik mengajar yang dilaksanakan 2 kali. Praktik mengajar meliputi konsultasi dengan guru pamong perihal materi pelajaran, pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, persiapan media pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran yang berupa refleksi diri, serta bimbingan dari guru kelas atau guru pamong. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahapan persiapan PPL meliputi observasi ke sekolah selama satu minggu dan penyusunan program yang akan dilaksanakan ketika melaksanakan PPL. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing, praktek mengajar mandiri, dan ujian. Tahap evaluasi sebagai refleksi keberhasilan program yang telah dilaksanakan, kendala-kendala, serta perbaikan yang sekiranya bisa dilakukan. Dari hasil refleksi yang dilakukan, secara umum mahasiswa dapat mengetahui kesalahan dan perbaikan yang harus dilakukan. PPL yang dilakukan yaitu pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015 telah selesai. Pelaksanaan program PPL di SD Negeri Baciro tahun 2015 secara umum berjalan dengan baik dan lancar, meskipun terdapat beberapa kendala dan masalah yang dihadapi. Dukungan dari berbagai pihak baik dari dosen pembimbing lapangan, teman sejawat, terutama pihak sekolah sendiri sangat membantu kelancaran pelaksanaan program PPL di SD Negeri Baciro tahun 2015.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Program PPL, SD Negeri Baciro
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 May 2016 07:19
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33134

Actions (login required)

View Item View Item