IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH PADA SMA NEGERI 1 PEJAGOAN KABUPATEN KEBUMEN

Endra Nirwaningsih (2011) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH PADA SMA NEGERI 1 PEJAGOAN KABUPATEN KEBUMEN. S1 thesis, uny.

[img]
Preview
Text
166.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS) yang dilihat dari (1) kesiapan input pendidikan yang mendukung imlementasi program MPMBS; (2) keterlibatan warga sekolah dan masyarakat dalam implementasi program MPMBS; (3) ketercapaian sasaran yang telah ditetapkan dalam perencanaan program MPMBS; (4) faktor yang menjadi pendukung dan penghambat implementasi kebijakan MPMBS. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek peneliti meliputi kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, siswa, orang tua siswa dan komite sekolah. Sampel penelitian ditentukan dengan populasi dan purposive sampling.Kepala sekolah dan wakasek bagian kurikulum, sebagai responden diambil secara populasi. Guru, tenaga kependidikan, siswa, komite sekolah dan orang tua siswa diambil secara purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Instrumen dari penelitian ini adalah peneliti dilengkapi dengan pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan metode. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan verification. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Kesiapan input pendidikan sudah siap dan cukup optimal, meskipun sebagian kecil warga sekolah ada yang belum memahami visi, misi, tujuan, sasaran dan program sekolah. Keadaan dan kualifikasi tenaga kependidikan sudah memadai, namun dari empat puluh satu orang guru ada dua orang guru yang mengajar belum sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Sarana prasarana termasuk media, sumber belajar dan alat penunjang pendidikan jumlahnya sudah memadai. (2) Keterlibatan warga sekolah dan masyarakat dalam implementasi MPMBS sudah dilakukan dengan baik, yaitu dalam menyusun program, pengambilan keputusan, dan alokasi anggaran. (3) Ketercapaian tujuan yang telah ditetapkan di SMA N 1 Pejagoan dalam perencanaan program MPMBS cukup optimal, yaitu adanya peningkatan prestasi akademik dan non-akademik. Prestasi akademik dilihat dari nilai ujian akhir nasional tiap tahun mengalami peningkatan dan penurunan. Dalam hal perlombaan prestasi siswa baik, lulusan sebagian besar melanjutkan dan diterima di Perguruan Tinggi Negeri. (4) Faktor-faktor yang mendukung adalah sumber daya manusia yang memadai, ketersediaan dana pendidikan, kerjasama warga sekolah yang baik dan ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai, sedangkan faktor yang menghambat adalah siswa yang bertempat tinggal jauh dari sekolah banyak pengaruh negatif, dan partisipasi masyarakat rendah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 20 Jun 2012 06:57
Last Modified: 29 Jan 2019 13:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/322

Actions (login required)

View Item View Item