Sejarah Perkembangan SD Muhammadiyah Kauman di Yogyakarta tahun 2004-2015

Ye Lin Swe, Ye Lin Swe (2016) Sejarah Perkembangan SD Muhammadiyah Kauman di Yogyakarta tahun 2004-2015. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ye-lin-swe-14718259004.swf

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan (1) latar belakang berdirinya SD Muhammadiyah Kauman, (2) perkembangan SD Muhammadiyah Kauman tahun 1980-2015, dan (3) model pembelajaran yang diterapkan di SD Muhammadiyah Kauman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang lebih memfokuskan pada pengumpulan data berkaitan dengan tema “Sejarah perkembangan Sekolah Dasar Muhammadiyah Kauman di Yogyakarta tahun 1980-2015” melalui lima langkah yaitu pemilihan topik, heuristik, kritik sumber, interpretasi, historiografi. Teknik pengambilan data terdiri atas: wawancara, dokumentasi, observasi, dan telaah kepustakaan. Hasil penelitian yang pertama adalah latar belakang berdirinya SD Muhammadiyah Kauman, yang awalnya masih bergabung dengan SD Muhammadiyah Sapen sejak tahun 1990 sampai tahun 2000, dan mengalami kemajuan dalam hal jumlah siswa, bangunan sekolah dan administrasi. Hasil yang kedua adalah perkembangan SD Muhammadiyah Kauman yang disimpulkan secara kuantitatif dan kualitatif adalah bahwa siswa berkembang dari tahun ketahuan. Hasil penelitian yang terakhir adalah model pembelajaran yang diterapkan di SD Muhammadiyah Kauman. Model pembelajaran yang diusahakan sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan kemajuan IPTEK. Model belajar melakukan observasi objek, diskusi di antara guru dan siswa, dan menemukan ide-ide dan gagasan melalui membaca di perpustakaan sekolah

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan, sekolah Muhammadiyah, kurikulum
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Apr 2016 07:55
Last Modified: 09 May 2019 07:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32058

Actions (login required)

View Item View Item