Pengembangan Tes Diagnostik melalui Analisis Kesalahan Berbahasa Prancis bagi Penutur Bahasa Indonesia

Pranowo, Dwiyanto Djoko (2012) Pengembangan Tes Diagnostik melalui Analisis Kesalahan Berbahasa Prancis bagi Penutur Bahasa Indonesia. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-dwiyanto-djoko-pranowo-01716007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Dua masalah utama penelitian ini adalah (1) kesalahan berbahasa Prancis para pembelajar bahasa Prancis penutur bahasa Indonesia, dan (2) pengembangan tes diagnostik melalui hasil analisis kesalahan. Tujuan penelitiannya adalah (1) mengidentifikasi jenis, bentuk, dan kuantitas kesalahan berbahasa tulis bahasa Prancis yang dilakukan oleh mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Prancis, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta, sebagai pembelajar bahasa Prancis penutur bahasa Indonesia, dan (2) mengembangkan instrumen tes diagnostik bahasa Prancis dengan bahan dari hasil analisis kesalahan berbahasa Untuk memecahkan permasalahan, penelitian ini terdiri atas dua tahap dengan jenis penelitian berbeda. Jenis penelitian deskriptif bertujuan untuk menelusuri dan mengidentifikasi kecenderungan umum tentang kesalahan yang dibuat oleh para pembelajar bahasa Prancis. Jenis yang kedua adalah penelitian dan pengembangan bertujuan untuk menghasilkan perangkat tes diagnostik yang akan dilakukan melalui tahapan-tahapan pengembangan tes. Tahap I penelitian tentang kesalahan berbahasa dilakukan dengan sampel mahasiswa dari semua tingkat sebanyak 80 mahasiswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Mereka diberi tugas membuat karangan yang sudah ditentukan tema dengan empat jenis tulisan, yaitu deskripsi, narasi, argumentasi, dan persuasi. Tugas menulis diambil dari tes baku bahasa Prancis DELF level A1, A2, B1, dan B2. Penelitian Tahap II berupa pengembangan tes diagnostik bahasa Prancis dengan desain R&D, berdasarkan hasil penelitian kesalahan berbahasa tahap I dengan memanfaatkan kategori kesalahan dan frekuensi untuk menentukan proporsi butir soal. Penentuan validitas kisi-kisi dan butir soal menggunakan pendapat pakar (expert judgement) dalam forum FGD. Ujicoba tes dilakukan pada sampel terjangkau mahasiswa S1 jurusan Pendidikan bahasa Prancis, UNY. Hasil ujicoba dianalisis kualitas distraktornya dengan memanfaatkan Item and Test Analysis program ITEMAN versi 3.00. Untuk melihat validitas konstruknya digunakan analisis faktor eksploratori. Produk akhir penelitian ini adalah (1) Daftar kesalahan berbahasa, dan (2) Perangkat tes diagnostik bahasa Prancis yang dirancang khusus untuk pembelajar bahasa Prancis penutur bahasa Indonesia. Perangkat tes terdiri atas (a) Petunjuk penggunaan dan pengerjaan soal, berupa panduan tes; (b) butir soal, bentuk soal pilihan ganda. Jumlah soal 100 butir. Tiap butir soal dirancang untuk 35 detik pengerjaannya. Pilihan jawaban bervariasi tergantung pada pola kesalahan yang muncul; (c) kunci jawaban; dan (d) rubrik untuk membaca hasil jawaban tertes. Setiap pilihan jawaban sebagai pengecoh disertai deskripsi tentang kemungkinan penyebab kesalahan yang akan digunakan oleh pengguna tes untuk memahami pikiran tertes sehingga ia memilih jawaban salah tersebut, dan (e) petunjuk langkah-langkah remediasi.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: tes diagnostik, bahasa Prancis, analisis kesalahan, pengembangan tes
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2016 08:58
Last Modified: 05 Oct 2022 02:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31624

Actions (login required)

View Item View Item