Perhatian Orang Tua pada Pendidikan Anak di Sekolah Dasar (Kasus Tingginya Angka Putus Sekolah di SD Negeri Supulessy Desa Supulessy Kecamatan Tehoru Kabupaten Maluku Tengah)

Rosidah, Wa (2012) Perhatian Orang Tua pada Pendidikan Anak di Sekolah Dasar (Kasus Tingginya Angka Putus Sekolah di SD Negeri Supulessy Desa Supulessy Kecamatan Tehoru Kabupaten Maluku Tengah). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-wa-rosidah-10712251005.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bentuk-bentuk perhatian orang tua terhadap proses pendidikan anak di sekolah dasar, (2) hubungan perhatian orang tua dengan putus sekolah di sekolah dasar, (3) kendala-kendala orang tua dalam memberikan perhatian pada pendidikan anak, dan (4) strategi pihak sekolah dalam meningkatkan perhatian orang tua pada pendidikan anaknya di sekolah dasar, untuk mengatasi permasalahan anak yang putus sekolah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak usia sekolah dasar. Teknik pengumpulan data dilakukan dalam penelitian ini dengan beberapa cara yaitu wawancara, observasi (pengamatan) dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan instrumen pokok wawancara dan observasi. Keabsahan data atau memeriksa kebenaran data yang diperoleh yaitu: pengamatan secara tekun/terus menerus (persistent observation), kecukupan rujukan, member check dan melakukan diskusi dengan teman sejawat. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini rnenunjukkan hasil sebagai berikut. (1) Orang tua di Desa Supulessy tidak terlalu memperhatikan pendidikan anaknya yang ditunjukkan dengan, (a) tidak memperhatikan kegiatan belajar anak, (b) motivasi yang diberikan orang tua untuk belajar masih belum maksimal, dan (c) orang tua belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan sekolah anak. (2) Hubungan perhatian orang tua dengan putus sekolah di SD Negeri Supulessy, yaitu sikap anak terhadap sekolah dipengaruhi oleh sikap orang tua mereka yang berarti bahwa sikap anak terhadap sekolah mereka sangat dipengaruhi oleh besar kecilnya perhatian dari orang tua mereka (3) Kendala orang tua dalam memberikan perhatian pada pendidikan anak, di antaranya kondisi ekonomi yang kurang, rendahnya tingkat pendidikan orang tua, besarnya tanggungan keluarga dan persepsi orang tua mengenai pendidikan masih rendah. (4) Strategi pihak sekolah untuk mengatasi permasalahan anak yang putus sekolah, adalah (a) mengadakan kunjungan ke rumah anak didik, (b) diundangnya orang tua ke sekolah, (c) mengadakan surat menyurat antara sekolah dan keluarga, dan (d) adanya daftar nilai/rapor.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perhatian, orang tua, pendidikan anak, putus sekolah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2016 08:09
Last Modified: 29 Jan 2019 08:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31489

Actions (login required)

View Item View Item