Hubungan Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kualifikasi Akademik Guru dan Kinerja Guru dengan Prestasi Siswa SD Muhammadiyah Kota Yogyakarta

Ulfah, Ulfah (2012) Hubungan Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kualifikasi Akademik Guru dan Kinerja Guru dengan Prestasi Siswa SD Muhammadiyah Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ulfah-09712251013.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hubungan pola kepemimpinan kepala sekolah, kualifikasi akademik guru dan kinerja guru dengan prestasi siswa SD Muhammadiyah kota Yogyakarta (2) mengetahui hubungan pola kepemimpinan kepala sekolah dengan prestasi siswa di SD Muhammadiyah kotaYogyakarta, (3) mengetahui hubungan kualifikasi akademik guru dengan prestasi siswa dan (4) mengetahui hubungan kinerja guru dengan prestasi siswa di SD Muhammadiyah kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif korelasional dengan teknik analisis jalur. Penelitian ini dilakukan di 12 sekolah dasar yang ada di SD Muhammadiyah Kota Yogyakarta. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kepala sekolah (12 orang) dan guru (251 orang). Sedangkan siswa diambil sampel tiap 1 kelompok belajar (1 kelas). Hasil analisis data menunjukkan bahwa: pertama, terdapat hubungan tidak langsung antara pola kepemimpinan kepala sekolah dengan prestasi siswa melalui kinerja guru. Hal ini ditunjukkan dengan sumbangan efektif sebesar 31,7%. Kedua terdapat hubungan tidak langsung antara kualifkasi akademik guru dengan prestasi siswa melalui kinerja guru. Sumbangan yang diberikan sebesar 0,3%. Ketiga, Secara langsung terdapat hubungan kinerja guru dengan prestasi siswa dengan sumbangan efektif yang diberikan sebesar 59,1%. Jadi secara keseluruhan sumbangan yang diberikan oleh pola kepemimpinan kepala sekolah dan kualifikasi guru melalui kinerja guru terhadap prestasi siswa adalah sebesar 91,1 %. Berdasarkan hasil analisis data tersebut perlu diusahakan peningkatan kualitas pola kepemimpinan kepala sekolah, kualifikasi akademik guru dan kinerja guru dalam upaya meningkatkan prestasi siswa. Kiranya perlu penelitian lebih lanjut berkaitan dengan peningkatan prestasi siswa dengan memperluas variabel bebasnya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pola kepemimpinan kepala sekolah, kualifikasi akademik guru, kinerja guru, prestasi siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2016 07:51
Last Modified: 29 Jan 2019 08:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31481

Actions (login required)

View Item View Item