Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Motivasi Berprestasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD

Rahmad, Tri Isworo (2012) Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Motivasi Berprestasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-tri-isworo-rahmad-10712259004.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan model quantum teaching terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan kesebangunan dan simetri, (2) pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap motivasi berprestasi siswa (3) interaksi antara pengaruh model quantum teaching dan motivasi berprestasi siswa terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan kesebangunan dan simetri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain One Group Pre Test-Post Test Design. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas 5 MIN 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012 yang berjumlah satu kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 1 kelas dari MIN 1 Yogyakarta sebagai kelas eksperimen dan satu kelas dari MIN Tempel sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data dilakukan dengan instrumen prestasi belajar siswa melalui pre-test dan post-test. Instrumen motivasi berprestasi siswa didapatkan menggunakan skala motivasi berprestasi McClelland. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji perbedaan rerata dua sampel berpasangan (uji t), kemudian dilanjutkan dengan uji perbedaan dua rerata sampel bebas (t test). Sebelumnya dilakukan uji normalitas dan homogenitas data. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang positif model pembelajaran quantum teaching terhadap prestasi belajar pada siswa MIN 1 Yogyakarta. Berdasarkan uji t, diperoleh t hitung > t tabel yaitu 6,796 > 1,995 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. 2) Terdapat pengaruh positif model pembelajaran quantum teaching terhadap motivasi berprestasi siswa MIN 1 Yogyakarta. Berdasarkan uji t diperoleh t hitung > t tabel yaitu 4,099 > 1,995 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05 yaitu 0,000.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran quantum teaching, motivasi berprestasi, prestasi belajar siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2016 07:32
Last Modified: 29 Jan 2019 08:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31476

Actions (login required)

View Item View Item