Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) Sains Kelas 1 Sekolah Dasar dengan Pendekatan Keterampilan Proses Guna Meningkatkan Karakter Siswa

Rumiasih, Rumiasih (2012) Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) Sains Kelas 1 Sekolah Dasar dengan Pendekatan Keterampilan Proses Guna Meningkatkan Karakter Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rumiasih-10712259011.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan SSP sains kelas 1 SD dengan pendekatan keterampilan proses yang layak dan dapat meningkatkan nilai-nilai karakter siswa terutama cerdas dan peduli. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development), yang terdiri atas sepuluh tahap yaitu: penelitian pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan tahap awal, revisi produk utama, uji coba lapangan utama, revisi terhadap produk operasional, uji lapangan operasional, revisi produk akhir, diseminasi dan dikombinasi dengan pengembangan perangkat pembelajaran model 4-D yang terdiri empat tahap pengembangan, yaitu define, design, develop, dan disseminate. SSP sains yang dikembangkan dievaluasi oleh dosen ahli pembelajaran sains untuk mengetahui validitas produk tersebut. Subjek uji coba berjumlah 56 siswa, yang terdiri atas sembilan siswa SD Negeri Klitren Yogyakarta pada uji coba terbatas, sedangkan subjek pada uji coba lapangan adalah siswa SD Negeri Bangunharjo yang terdiri atas 24 siswa sebagai kelas eksperimen, dan 23 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini berupa SSP Sains SD kelas 1 yang terdiri atas: silabus, RPP, LKS, bahan ajar, dan perangkat penilaian. Hasil validasi dari dosen ahli sains menyatakan bahwa SSP yang dikembangkan adalah valid dan berkatagori “baik” dan dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran sains di SD. Hasil uji coba menunjukkan bahwa SSP yang dikembangkan layak dan dapat meningkatkan karakter siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, SSP, keterampilan proses, karakter
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2016 03:05
Last Modified: 29 Jan 2019 08:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31424

Actions (login required)

View Item View Item