Keberhasilan Kegiatan Pembelajaran di Tengah Keterbatasan dan Hambatan (Studi Kasus pada Sekolah Dasar Negeri Pemurus 1 Kabupaten Banjar)

Nazaruddin, Nazaruddin (2012) Keberhasilan Kegiatan Pembelajaran di Tengah Keterbatasan dan Hambatan (Studi Kasus pada Sekolah Dasar Negeri Pemurus 1 Kabupaten Banjar). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nazaruddin-10712259018.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan keberhasilan kegiatan pembelajaran yang terjadi di tengah keterbatasan dan hambatan, dan (2) bagaimana kiat sekolah dalam mengantisipasi kegiatan pembelajaran agar tetap berjalan lancar meskipun sarana dan prasarana, serta tenaga guru yang masih kurang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan analitis dengan dasar penelitian lapangan yang terjadi di SDN Pemurus 1 Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan orang tua yang diwakili oleh komite sekolah SDN Pemurus 1. Objek penelitian adalah aktivitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru di kelas VI dan pengelolaan pendidikan yang dilakukan oleh sekolah dengan keterbatasan dan hambatan yang ada di sekolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keberhasilan kegiatan pembelajaran yang dilakukan di SDN Pemurus 1 disebabkan oleh: (1) faktor internal peserta didik berupa motivasi, cukup tinggi walaupun dalam kondisi alam yang cukup sulit, dan (2) faktor eksternal yang meliputi; kualifikasi guru tidak relevan dengan bidang tugas yang diajarkannya, kompetensi guru cukup bagus dengan pembinaan yang dilakukan oleh kepala Sekolah dan Pengawas TK/SD. Sarana dan prasarana yang ada di SDN Pemurus 1 masih sangat kurang dan tidak memadai untuk kegiatan pembelajaran. Peran orang tua dan masyarakat di lingkungan sekitar sekolah cukup mendukung dalam keberhasilan kegiatan pembelajaran di SDN Pemurus 1 yang berdampak pada hasil belajar peserta didik di SDN Pemurus 1. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam mengelola sarana dan prasarana yang kurang, penempatan guru, pembinaan dan pengawasan terhadap guru dilakukan dengan sangat baik, sehingga SDN Pemurus 1 berhasil dalam kegiatan pembelajarannya dibandingkan sekolah-sekolah yang lain yang ada di Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar walaupun dalam kondisi alam yang cukup sulit dan cukup mengganggu kegiatan pembelajaran seperti air laut pasang yang kerap merendam halaman dan ruang kelas.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, keterbatasan, hambatan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2016 01:42
Last Modified: 29 Jan 2019 08:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31401

Actions (login required)

View Item View Item